Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

10 Orang Tewas di Tangan Pria Tiongkok yang Merebut Bus

Internasional tiongkok
Fajar Nugraha • 27 Desember 2018 18:15
Fujian: Seorang pria di Tiongkok membajak sebuah bus dan menabraknya ke pejalan kaki. Sebelumnya pria itu melakukan penyerangan terhadap dua warga lain dan menewaskan mereka.
 
Insiden yang terjadi di Provinsi Fujian, Tiongkok, Selasa 25 Desember telah menyita perhatian warga setempat. Pasalnya, pelaku usai melakukan pembunuhan, merebut sebuah bus dan menabrak warga yang berada di pedestrian.
 
Pembajak yang diidentifikasi hanya dengan nama keluarganya Qiu, membunuh seorang pejabat lokal dan petugas polisi Selasa sebelum melarikan diri dari tempat kejadian. Pria berusia 48 tahun itu kemudian mengambil alih sebuah bus umum di kota Longyan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Setelah Qiu membunuh kader yang sedang mengunjungi rumahnya, ia pergi ke kantor komunitas setempat tempat ia melukai seorang petugas polisi dengan pisau yang disembunyikan di pakaiannya,” lapor Fujian TV, yang dikutip AFP, Kamis, 28 Desember 2018.
 
Foto yang diambil oleh Fujian TV memperlihatkan pecahan kaca dan lantai berlumuran darah. Qiu melarikan diri dari TKP dan membajak sebuah bus, yang ia kendarai menuju kerumunan. Delapan orang tewas dan 22 lainnya cedera dalam insiden itu.
 
Dalam sebuah video yang diposting oleh berita Duowei, sebuah outlet media Tiongkok yang berbasis di AS, beberapa orang yang terluka ditunjukkan berbaring di jalan dekat bus yang mengalami kecelakaan, bagian depannya rusak parah. Itu juga menunjukkan polisi tengah mengatasi seseorang ke tanah.
 
Tiongkok telah mengalami serentetan insiden serupa tahun ini. Pada akhir November, sebuah mobil menabrak sekelompok anak-anak menyeberang jalan di depan sebuah sekolah dasar di Provinsi Liaoning. Kejadian itu menewaskan lima orang dan melukai sedikitnya 19.
 
Pengemudi mengatakan dia ‘memilih korbannya secara acak’ dan dilaporkan telah mempertimbangkan bunuh diri karena masalah rumah tangga sebelum tragedi itu terjadi. Pada Oktober, tiga orang terbunuh ketika seorang lelaki melarikan diri setelah melakukan penusukan melaju ke kerumunan dan menyerang penonton di Provinsi Zhejiang.
 
Sebulan sebelumnya, seorang pria membajak sebuah truk ke kerumunan di Provinsi Hunan dan mengamuk, menyerang penonton dengan pisau dan sekop. Sebelas meninggal dan 44 lainnya terluka.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif