Ledakan di pabrik kimia Tiongkok, korban tewas mencapai 78 jiwa. (Foto: AFP).
Ledakan di pabrik kimia Tiongkok, korban tewas mencapai 78 jiwa. (Foto: AFP).

Korban Tewas Ledakan Pabrik Kimia Tiongkok jadi 78 Orang

Internasional tiongkok
Marcheilla Ariesta • 25 Maret 2019 19:59
Yancheng: Korban tewas akibat ledakan pabrik kimia bertambah menjadi 78 orang. Sementara itu, sudah 56 jenazah yang berhasil diidentifikasi.
 
Gubernur Yancheng, Cao Lubao mengatakan masih terus melakukan pencarian korban. Jumlah ini bertambah sebanyak 14 jenazah sejak pengumuman terakhir pada Minggu, 24 Maret 2019.
 
Otoritas setempat mengatakan lebih dari 600 orang terluka akibat ledakan di Provinsi Jiangsu tersebut. Dewan negara dan Kabinet Tiongkok juga telah memerintahkan inspeksi nasional untuk mengidentifikasi dan memperbaiki bahaya di pabrik-pabrik kimia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ledakan dahsyat menyusul kebakaran di pabrik yang menghasilkan pupuk terjadi pada Kamis pekan lalu. Badan gempa Tiongkok melaporkan getaran yang setara kekuatan 2,2 skala Richter saat ledakan.
 
Baca:Ledakan Pabrik Kimia Tiongkok, 12 Orang Tewas
 
Jumlah korban tewas menjadikan peristiwa itu salah satu kecelakaan industri terburuk di Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir.
 
Ledakan terjadi sekitar 14:50 waktu setempat pada Kamis di sebuah pabrik di Yancheng, dioperasikan Tianjiayi Chemical.
 
Gambar di media sosial menunjukkan bola api meledak di lokasi, mengepul awan yang menyelimuti daerah itu, melukai orang, dan merusak bangunan.
 
Ledakan begitu kuat sehingga merobohkan gedung-gedung pabrik agak jauh, menjebak para pekerja, menurut media setempat.
 
Staf di Pabrik Kimia Henglida, 3 kilometer dari lokasi ledakan, mengatakan atap runtuh ketika mereka melarikan diri, dan jendela serta pintu pecah.
 
Kecelakaan industri mulai dari kebakaran pabrik hingga bencana pertambangan sering terjadi di Tiongkok, karena standar keselamatan yang buruk.
 
Pada November 2018, setidaknya 22 orang tewas dan 22 lainnya terluka ketika sebuah kendaraan yang membawa bahan kimia meledak di Zhangjiakou utara. Pada Juli tahun yang sama, 13 orang tewas setelah ledakan di pabrik kimia di barat daya Sichuan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif