Menlu: Perlu Perjuangan Besar Ciptakan Perdamaian
Menlu Retno Marsudi di tengah-tengah mahasiswa di Yogyakarta dalam acara Diplomatic Festival 2018. (Foto: Ahmad Mustaqim/Medcom.id).
Sleman: Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi meminta anak muda meningkatkan kualitas untuk meningkatkan daya saing di dunia. Ia mengatakan pemuda perlu sejak sekarang menyiapkan diri untuk bisa berkontribusi di internasional.
 
"Saya ingin anak-anak Indonesia memiliki daya saing untuk masuk dunia internasional," kata Menteri Retno dalam acara Diplomacy Festival (DiploFest) 2018 di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat, 26 Oktober 2018.
 
Retno menceritakan berbagai kiprah Kementerian Luar Negeri dalam melakukan diplomasi. Mulai dari diplomasi Palestina, pengiriman gerbong kereta api buatan Indonesia ke Bangladesh, hingga terlibat dalam penanganan pengungsi di berbagai negara.
 
Lewat DiploFest 2018, kata dia, Kementerian Luar Negeri memberikan pelatihan diplomasi kepada para mahasiswa. Acara tersebut juga dilakukan di Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN).
 
Menurut Menteri Retno, pelatihan dalam acara itu jadi modal sebelum mengikuti kompetisi atau perlombaan di kancah internasional. "Sumber daya manusia kita bangun sehingga bisa berkompetisi di dunia," katanya.
 
Ia menambahkan, stabilitas perdamaian di dunia terus mendapat ancaman. Dua ancaman di antaranya yakni radikalisme dan terorisme. "Perlu perjuangan besar untuk menciptakan perdamaian," tutur mantan Duta Besar RI untuk Belanda ini.
 
"Radikalisme dan terorisme belum juga mereda. Upaya menciptakan kedamaian memang sulit dicapai," ungkapnya.
 
Ia menegaskan, dunia memerlukan kepemimpinan global. Ia menyebut Indonesia belajar kepemimpinan global dari PBB dan ASEAN.
 
"(Kepemimpinan global) ini selalu diserukan Indonesia. Dunia tak akan berubah jika hanya dijaga satu atau dua negara," jelasnya.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id