Kebakaran hutan di Australia terjadi sejak September 2019. Foto: AFP
Kebakaran hutan di Australia terjadi sejak September 2019. Foto: AFP

Hujan Bantu Padamkan Api di Australia

Internasional kebakaran hutan australia
Marcheilla Ariesta • 16 Januari 2020 20:09
Victoria: Hujan akhirnya turun di bagian timur Australia, termasuk negara bagian Victoria, Queensland, dan New South Wales. Hujan yang dinanti-nantikan ini membantu memadamkan api yang membakar sebagian wilayah Australia sejak September 2019.
 
Badan Cuaca setempat mencatat hujan berintensitas kecil hingga besar. Bahkan, di wilayah Melbourne, hujan disertai petir meningkatkan kualitas udara di kota tersebut.
 
"Hujan petir membuat kualitas udara di sebagian besar negara bagian meningkat," kata Badan Perlindunyan Lingkungan Victoria, dikutip dari AFP, Kamis 16 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hujan ini diperkirakan akan terus mengguyur Australia hingga akhir pekan. Hal ini dapat membuat kebakaran hutan di Negeri Kanguru teratasi.
 
Per hari ini, Dinas Pemadam Kebakaran New South Wales mencatat masih ada sekitar 30 titik api di wilayah tersebut. Meski demikian, jumlah tersebut berkurang drastis dari sebelumnya.
 
Kebakaran hutan di Australia telah menghancurkan lebih dari 2.000 rumah, 10 juta hektare lahan. Kebakaran juga merenggut 28 nyawa manusia dan bahkan sekitar satu miliar hewan.
 
Kebakaran hutan yang kali ini memicu protes di berbagai kota di Australia pada Jumat pekan lalu. Pedemo meminta pemerintah mengambil tindakan untuk menangani perubahan iklim.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif