Kim Jong-un (kiri) bersama Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Foto: KCNA)
Kim Jong-un (kiri) bersama Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Foto: KCNA)

Virus Korona: Kim Jong-un Kirim Surat Duka ke Tiongkok

Internasional virus korona korea utara
Willy Haryono • 01 Februari 2020 21:00
Beijing: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengirim sebuah surat kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk menyampaikan belasungkawa dan juga dukungan atas wabah virus korona yang telah menewaskan ratusan orang. Kabar mengenai surat ini disampaikan kantor berita Korean Central News Agency (KCNA), Sabtu 1 Februari 2020.
 
"Kim Jong-un meyakini bahwa partai, pemerintah, dan rakyat Tiongkok dapat menang dalam perang melawan penyakit di bawah arahan Presiden Xi," tulis KCNA.
 
Tiongkok merupakan sekutu terdekat Korut. Saat virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV) mulai mewabah, Korut menghentikan hampir seluruh penerbangan ke Negeri Tirai Bambu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Korut juga memberlakukan karantina bagi semua orang yang datang dari Tiongkok. Area yang berbatasan dengan Tiongkok juga semakin diperketat sejak awal wabah hingga saat ini.
 
Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mengeluarkan data terbaru virus korona Sabtu ini, yakni 259 korban tewas dan total kasus di seantero negeri mencapai 11.791.
 
Semua kematian terjadi di Tiongkok, meski kasus virus korona dikonfirmasi di sedikitnya 23 negara. Puluhan negara tersebut beramai-ramai mengevakuasi warga mereka dari Wuhan, kota pusat penyebaran virus korona nCoV.
 
Sejumlah negara yang telah mengevakuasi warga mereka di antaranya Inggris, India, Jepang, dan Amerika Serikat. Indonesia juga tengah mengevakuasi sekitar 250 WNI dari Wuhan, provinsi Hubei.
 
Rencananya para WNI yang dievakuasi itu akan dikarantina selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.
 
Kamis kemarin, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeklarasikan virus korona nCoV sebagai darurat kesehatan global.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif