Turis yang berhasil selamat mengabadikan foto saat gunung White Island meletus. (Foto: Michael Schade).
Turis yang berhasil selamat mengabadikan foto saat gunung White Island meletus. (Foto: Michael Schade).

Satu Tewas akibat Gunung Meletus di Selandia Baru

Internasional selandia baru
Marcheilla Ariesta • 09 Desember 2019 15:00
Wellington: Seorang pengunjung tewas dan sejumlah wisatawan lainnya terdampar akibat erupsi gunung White Island di Selandia Baru. Polisi memperingatkan jumlah korban tewas berpotensi meningkat.
 
"Saya bisa memastikan ada satu korban jiwa," kata Wakil Komisaris Polisi John Tims, dilansir dari AFP, Senin 9 Desember 2019.
 
"Masih ada sejumlah wisatawan yang tersisa di pulau itu, yang saat ini masih belum ditemukan," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diduga ada sekitar 50 orang, termasuk penumpang kapal pesiar dan turis asing berada di sekitar White Island saat gunung itu meletus. Namun, polisi mengatakan 23 orang telah kembali.
 
Letusan terjadi pada pukul 14.11 siang waktu setempat. Gunung ini meletus tanpa peringatan. Sementara itu, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern membenarkan ada beberapa orang yang terjebak dalam bencana tersebut, termasuk turis asing.
 
"Kami tahu ada sejumlah turis di atau sekitar pulau saat itu, baik warga Selandia Baru maupun pengunjung dari luar negeri," tuturnya.
 
Polisi sendiri berusaha untuk melakukan penyelamatan. Salah satu turis yang selama, Michael Schade, berhasil keluar tepat waktu dari pulau itu.
 
Dalam video yang dibaginya di Twitter, dia memperlihatkan kelompok turis yang kaget dan berkerumun di tepi pantai. Dia juga memperlihatkan sebuah helikopter berlapis abu tergeletak rusak di dekatnya.
 
Volcanic Air mengatakan mereka mendaratkan helikopter di pulau itu sesaat sebelum letusan. Mereka membawa empat pengunjung dan satu pilot.
 
"Apa yang terjadi setelah itu, kami tidak tahu, tetapi kami tahu kelima orang tersebut kembali ke Whakatane dengan salah satu kapal wisata," terang juru bicara perusahaan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif