Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)

Dua Ledakan Picu Gempa di Dekat Perbatasan Tiongkok-Korut

Internasional gempa bumi korea utara tiongkok
Arpan Rahman • 18 Juni 2019 13:57
Hunchun: Dua ledakan yang bertujuan menghancurkan bebatuan di Tiongkok bagian timur lalu memicu gempa bumi berkekuatan rendah di dekat perbatasan Korea Utara, Senin 17 Juni.
 
Gempa berkekuatan magnitudo 1,3 dengan kedalaman nol meter terjadi pada pukul 19.38 waktu setempat di kota Hunchun, provinsi Jilin. Kabar disampaikan Pusat Jaringan Gempa Bumi Tiongkok.
 
Menurut keterangan pemerintah kota Hunchun, dua ledakan yang memicu gempa berasal dari upaya penghancuran bebatuan untuk "keperluan manufaktur" oleh perusahaan bernama Jilin Blasting Company.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak ada korban jiwa atau luka dalam dua ledakan. Ledakan maupun gempa yang terjadi setelahnya juga tidak merusak bangunan apapun. "Detail mengenai situasi terkait ledakan sedang kami verifikasi," ujar pernyataan pemerintah kota Hunchun, dikutip dari laman AFP.
 
Guncangan di perbatasan Tiongkok-Korut berpotensi memicu kekhawatiran adanya uji coba nuklir. Di masa lalu, gempa serupa sempat dirasakan di Tiongkok saat Pyongyang melakukan uji coba nuklir.
 
Peristiwa terbaru dilaporkan terjadi kurang dari satu jam usai munculnya berita bahwa Presiden Tiongkok Xi Jinping berencana berkunjung ke Korut.
 
Pada September 2017, uji coba di situs nuklir Punggye-Ri milik Korut memicu gempa berkekuatan 6,3 magnitudo yang dirasakan di seantero perbatasan utara Tiongkok.
 
Sementara itu hari ini, Selasa 18 Juni, gempa berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang provinsi Sichuan. Guncangan tersebut menewaskan 12 orang dan 134 lainnya.
 
Pusat Jaringan Gempa Tiongkok melaporkan, gempa terjadi sekitar pukul 22.55 waktu setempat, dengan kedalaman mencapai 16 kilometer. Rangkaian empat gempa susulan terjadi setelahnya, yang terbesar mencapai magnitudo 5,1 selang 40 menit usai guncangan pertama.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif