Polisi bersiaga di area kuil Sabarimala, Kerala, India, 2 Januari 2019. (Foto: AFP/STR)
Polisi bersiaga di area kuil Sabarimala, Kerala, India, 2 Januari 2019. (Foto: AFP/STR)

Wanita Masuk Kuil Picu Kericuhan di India

Internasional india
Willy Haryono • 02 Januari 2019 20:09
Kerala: Kepolisian India menembakkan gas air mata, granat kejut dan meriam air dalam merespons unjuk rasa serta bentrokan yang meletus di seantero negara Kerala. Kericuhan terjadi usai dua wanita memasuki kuil ternama Sabarimala.

Seperti dilansir dari laman AFP, Bentrokan berdarah dilaporkan terjadi antara sekelompok orang di depan gedung parlemen di Thiruvananthapuram. Sementara unjuk rasa berbau kekerasan juga terjadi di beberapa kota di seantero Kerala.

Dua wanita memasuki kuil Sabarimala sebelum waktu subuh pada Rabu 2 Januari 2019 -- kali pertamanya perempuan berusia antara 10 dan 50 tahun diizinkan masuk. Larangan wanita memasuki kuil sudah dicabut Mahkamah Agung India pada September lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sebagian warga India mendukung pencabutan larangan, namun sejumlah lainnya menentang keras. Ketegangan terjadi selama lebih dari empat jam di depan Thiruvananthapuram. Dua kubu sama-sama tidak menunjukkan tanda akan berhenti dan membubarkan diri.

Aparat keamanan bersenjata tongkat menghalau sejumlah demonstran yang berusaha menutup pertokoan di sekitar gedung parlemen. Beberapa petugas dilaporkan terluka akibat lemparan batu dari kerumunan orang.

Masuknya dua wanita itu kuil Sabarimala memicu kemarahan kubu konservatif dan tradisionalis. Dalam beberapa bulan terakhir, kubu tradisionalis India berusaha mencegah wanita memasuki kuil tersebut. Pencegahan itu tak jarang dilakukan dengan aksi kekerasan.


(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi