Dubes RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun ketika berkunjung ke Beijing Financial Street. (Foto: Dok. KBRI Beijing)
Dubes RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun ketika berkunjung ke Beijing Financial Street. (Foto: Dok. KBRI Beijing)

RI-Tiongkok Harus Jadikan Asia Motor Ekonomi Dunia

Internasional indonesia-tiongkok
Sonya Michaella • 23 April 2019 12:49
Beijing: Ekonomi Indonesia kini terus gencar dipromosikan di Tiongkok. Salah satunya adalah kesiapan Indonesia untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi, yang juga akan membawa manfaat bagi masyarakat Indonesia.
 
"Indonesia dan Tiongkok perlu bekerja sama membangun kawasan Asia menjadi motor ekonomi dunia untuk pertumbuhan yang berkualitas. Mengikuti Tiongkok, Indonesia dan ASEAN juga akan besar di dunia," kata Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun yang menjadi pembicara tunggal dalam acara "Belt and Road" Ambassador Interview di kawasan Beijing Financial Street, Selasa 23 April 2019.
 
Ia menambahkan, kerja sama keuangan antara Indonesia dan Tiongkok saat ini menjadi hal yang esensial karena saat ini RI sedang menjadi primadona bagi investasi Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dubes Djauhari juga menyampaikan pandangannya mengenai kerja sama keuangan antara Indonesia dan Tiongkok di tengah para praktisi keuangan Tiongkok, termasuk kerja sama lintas batas, kebijakan ekonomi makro Indonesia, pasar saham dan obligasi, internasionalisasi Renminbi, dan berbagai isu keuangan lainnya.
 
Ia pun berkesempatan meninjau kawasan Beijing Financial Street yang merupakan kawasan pusat keuangan Tiongkok dan mencakup area seluas 2,59 kilometer persegi dengan nilai aset mencapai USD11,9 triliun.
 
Hampir 1.800 institusi keuangan berkantor di kawasan tersebut termasuk bank sentral Tiongkok, People’s Bank of China, kantor pusat bank-bank besar di Tiongkok seperti Industrial and Commercial Bank of China (ICBC), Bank of China (BOC), China Construction Bank (CCB), Exim Bank of China, China Development Bank (CDB), serta berbagai institusi lainnya termasuk perusahaan asuransi, manajemen aset, serta sejumlah institusi keuangan asing ternama di dunia.
 
Kawasan ini telah bertransformasi menjadi kawasan yang berpengaruh di pasar finansial internasional seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan berbagai inisiatif kerja sama yang didorong oleh pemerintah Tiongkok, termasuk kerja sama Belt and Road Initiative.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif