Rumah terapung yang dihuni Chad Elwartowski dan Supranee Thepdet di Laut Andaman. (Foto: Facebook/Chad Elwartowski)
Rumah terapung yang dihuni Chad Elwartowski dan Supranee Thepdet di Laut Andaman. (Foto: Facebook/Chad Elwartowski)

Hidup Terapung di Laut Andaman, Pria AS Terancam Vonis Mati

Internasional thailand
Arpan Rahman • 20 April 2019 17:04
Bangkok: Seorang pria asal Amerika Serikat dan pasangannya dari Thailand terancam hukuman mati usai tempat tinggal terapung yang mereka huni di Laut Andaman digerebek Angkatan Laut Thailand.
 
Chad Elwartowski dan pasangannya, Supranee Thepdet, hidup di rumah terapung bernama seastead, yang berjarak sekitar 21 kilometer dari pantai Thailand. Mereka tinggal di rumah terapung itu untuk menghindari yurisdiksi hukum Thailand.
 
Elwartowski dan Thepdet sudah tinggal di rumah terapung sekitar satu bulan, dan telah mendokumentasikan pengalaman mereka di dunia maya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Angkatan Laut Thailand mengklaim kedua orang itu "membahayakan kedaulatan nasional" dengan hidup terapung di Laut Andaman. Kejahatan yang "membahayakan kedaulatan nasional" dapat berujung hukuman penjara atau vonis mati.
 
Pasangan itu mendapat informasi mengenai penggerebekan dan melarikan diri sebelum Angkatan Laut Thailand datang. Otoritas Thailand terus memburu keduanya.
 
Thailand menyebut Elwartowski kini adalah buronan Thailand yang visanya sudah dicabut. Sementara Thepdet bukan buronan, namun tetap diburu polisi.
 
"Ini konyol, Kami hanya hidup di rumah terapung selama beberapa pekan, dan kini Thailand seperti ingin membunuh kami," tulis Elwartowski dalam pernyataan di surat elektronik, dinukil dari laman Sky News, Jumat 19 April 2019.
 
"Kami saat ini ketakutan. Kami pikir kami tidak melakukan kesalahan apapun. Tapi saya yakin pengacara kami dapat membentuk semacam kesepakatan dengan pemerintah Thailand," lanjut dia.
 
Thepdet, pasangan dari Elwartowski, dikenal di Thailand sebagai Nadia Summergirl. Ia juga dikenal sebagai seorang investor mata uang digital bitcoin di Thailand.
 
Ocean Builders, organisasi yang membangun rumah terapung untuk Elwartowski, mengaku telah mengetahui mengenai penggerebekan oleh Angkatan Laut Thailand. Disebutkan bahwa Elwartowski dan Thepdet tidak terlibat dalam hal desain serta konstruksi rumah terapung tersebut.
 
Rumah terapung yang dihuni Elwartowski hingga kini masih berada di Andaman, dan Ocean Builders berencana mendonasikannya ke sebuah universitas untuk riset kelautan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif