Banjir Bandang di Vietnam Tewaskan 15 Orang
Dampak akibat banjir bandang dan tanah longsor di salah satu daerah di provinsi Ha Giang, Vietnam, 25 Juni 2018. (Foto: AFP/STR)
Lai Chau: Banjir bandang dan tanah longsor menewaskan 15 orang di wilayah pegunungan utara di Vietnam, Selasa 26 Juni 2018, setelah badai menghancurkan sejumlah rumah dan merusak tanaman pangan serta beragam infrastruktur di negara tersebut.

Sedikitnya 12 orang dinyatakan hilang dalam musibah ini. Ratusan polisi dan prajurit telah dikerahkan untuk membantu mencari korban dan membersihkan kekacauan pascabadai.

Vietnam selama ini biasa dilanda cuaca buruk saat musim penghujan antara Juni hingga November.


Badai terbaru menghantam beberapa provinsi di Vietnam utara, membuat banyak daerah dipenuhi sampah dan pepohonan yang tumbang.

"Tiga orang tewas saat rumah di provinsi Ha Giang roboh, sementara 12 lainnya tersapu banjir bandang, tanah longsor dan bangunan runtuh di provinsi Lai Chau," sebut Komite Penanggulangan Bencana Nasional Vietnam, seperti dikutip dari AFP.

Diestimasi badai kali ini di Vietnam telah menimbulkan kerugian material hingga senilai USD6,1 juta.

Ini merupakan bencana besar pertama di Vietnam sepanjang 2018, dimana masyarakat masih berusaha bangkit dari serangkaian bencana tahun lalu.

Sejumlah bencana alam di Vietnam menewaskan 389 orang dan menimbulkan kerugian USD2,6 miliar sepanjang 2017.



(WIL)