Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Hitoshi Tanaka perkirakan Tiongkok akan geser Amerika Serikat. (Foto: AFP).
Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Hitoshi Tanaka perkirakan Tiongkok akan geser Amerika Serikat. (Foto: AFP).

Tiongkok Diperkirakan Segera Bangkit dan Menggeser AS

Internasional tiongkok
Sonya Michaella • 04 Juli 2019 10:49
Jakarta: Tiongkok dinilai akan menjadi kekuatan besar di Asia dan perlahan posisi Amerika Serikat (AS) tergeser. Hal ini yang diprediksi oleh mantan Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Hitoshi Tanaka.
 
“Saat ini, Tiongkok memiliki GDP 60 persen lebih besar dari AS. Saya percaya kekuatan Tiongkok yang akan bangkit bukan hanya di ekonomi, tapi sektor keamanan,” kata Tanaka, dalam sebuah seminar di CSIS, Jakarta, Kamis 4 Juli 2019.
 
Ketika kekuatan Tiongkok ini mulai bangkit, ucap dia, AS mungkin akan tersingkit dan dilupakan, terutama di kawasan Asia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jepang tentu mendukung kekuatan yang benar dan baik untuk kawasan Asia ini. India, Australia, dan ASEAN adalah sejumlah kekuatan yang akan bangkit nantinya,” lanjut mantan negosiator Jepang-Korea Utara ini.
 
Tanaka menambahkan, posisi AS kini semakin tidak dapat diprediksi. Terlebih dengan adanya perang dagang dengan Tiongkok dan perdamaian dengan Korea Utara.
 
“AS semakin tidak bisa diprediksi dan pada akhirnya mereka akan menjadi negara yang tidak dapat dipercaya. Ini adalah hal yang serius untuk stabilitas kawasan internasional,” tuturnya.
 
Peperangan antara AS dan Tiongkok tidak hanya dalam urusan ekonomi, melainkan dalam urusan politik yang menyangkut Laut China Selatan. Beberapa kali Tiongkok melayangkan protes kepada AS soal patroli armada Angkatan Laut-nya di perairan yang diklaim Tiongkok tersebut.
 
Sebaliknya, AS juga mengecam Tiongkok yang baru saja meluncurkan misil di kawasan Laut China Selatan yang disebutnya memprovokasi dan mengintimidasi pihak lain.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif