Dalam acara ini, dipamerkan sejumlah lukisan serta karya budaya lainnya. (Foto:Medcom.id/Sonya)
Dalam acara ini, dipamerkan sejumlah lukisan serta karya budaya lainnya. (Foto:Medcom.id/Sonya)

Tiongkok-ASEAN Eratkan Hubungan Lewat Seni

Internasional indonesia-tiongkok
Sonya Michaella • 17 Juni 2019 18:08
Jakarta: Membawa 30 seniman terkenal, Misi Tiongkok untuk ASEAN memperkenalkan seni khas Tiongkok dengan tujuan bertukar budaya dengan 10 negara anggota ASEAN.
 
“Tujuan kami memperkenalkan seni asli Tiongkok agar hubungan Tiongkok dan ASEAN lebih maju serta mempromosikan pengertian satu sama lain pun apresiasi terhadap karya seni,” kata Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN Huang Xilian, di ASEAN Secretariat, Jakarta, Senin 17 Juni 2019.
 
Mengutip apa yang ditekankan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Huang menegaskan perbedaan bukan untuk memecahbelah tetapi untuk lebih mengerti satu sama lain terutama antarwarga yang berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Hubungan antarwarga Tiongkok dan 10 negara ASEAN terutama lewat bidang seni dan budaya dapat memperat hubungan yang sudah terjalin,” tuturnya lagi
 
Sebelumnya, pemerintah Tiongkok lewat Perdana Menteri Li Keqiang pernah memberikan lukisan untuk dipajang di ASEAN Secretariat ketika ia berkunjung ke Indonesia, tahun lalu. Lukisan ini bertajuk The Greeting Pine on the Yellow Mountain.
 
“Lukisan ini berarti bahwa warga Tiongkok sangat terbuka dan selalu menginginkan adanya kesejahteraan dengan warga ASEAN,” ujar Huang.
 
Hadir bersama Huang, Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi berterima kasih karena adanya pertukaran seni dan budaya ini, hubungan warga Tiongkok dan 10 negara ASEAN akan lebih erat.
 
“Ini menunjukkan adanya kedinamisan dan keragaman antar warga ASEAN dan Tiongkok. ASEAN berkomitmen untuk bekerja sama dengan Tiongkok di bidang apapun,” katanya.
 
Dalam acara ini, dipamerkan sejumlah lukisan serta tata cara upacara minum teh ala Tiongkok dan karya seni lainnya seperti pahatan.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif