Ilustrasi teror. (Foto: Medcom.id).
Ilustrasi teror. (Foto: Medcom.id).

Polisi Sydney Tangkap Tiga Orang Terkait ISIS

Internasional australia
Marcheilla Ariesta • 02 Juli 2019 17:08
Sydney: Polisi anti-terorisme Australia mengklaim menangkap tiga orang terkait kelompok teror Islamic State (ISIS). Ketiga orang ini diduga merencanakan serangan yang menargetkan sejumlah bangunan fasilitas umum dan kedutaan besar.
 
"Kami menduga mereka memiliki sejumlah target (serangan), termasuk kantor polisi, lembaga pertahanan, kedutaan besar dan dewan, pengadilan, dan gereja," kata Asisten Komisaris Polisi Federal Australia, Ian McCartney.
 
Laman Channel News Asia, Selasa, 2 Juli 2019, melaporkan dua dari tiga pria yang ditangkap itu berusia antara 20 hingga 23 tahun, dan dituduh sebagai bagian dari ISIS dan dituding merencanakan serangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Australia telah waspada terhadap serangan radikal yang tumbuh di dalam negeri sejak 2014. Pihak berwenang mengatakan mereka telah menggagalkan 16 plot utama sejak itu.
 
"Masih ada orang-orang di dalam komunitas itu yang ingin menyakiti kita. Saya ingin mengatakan mereka tidak mewakili agama Islam. Tindakan mereka kriminal dan mereka mewakili kebencian dan teror," imbuh dia.
 
Polisi melakukan penangkapan karena mereka telah mengumpulkan bukti yang cukup untuk dakwaan. Sementara itu, seorang pria lainnya didakwa melakukan penipuan.
 
Polisi tidak menyebutkan nama mereka yang dituntut. Meski demikian, mereka rencananya akan disidang pada Rabu mendatang.
 
McCarthy mengatakan pria yang dituduh merencanakan serangan tersebut telah dilacak oleh otoritas Australia sejak pertengahan 2018. Dia menarik perhatian karena melakukan perjalanan ke Lebanon.
 
Pria tersebut menghadapi hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah. Sementara dua lainnya akan menghadapi hukuman penjara selama 10 tahun.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif