Tiga dari empat misil balistik Korut mendarat di ZEE Jepang, 6 Maret 2017. (Foto: KCNA)
Tiga dari empat misil balistik Korut mendarat di ZEE Jepang, 6 Maret 2017. (Foto: KCNA)

Korut Klaim Coba Hantam Pangkalan AS di Jepang dengan Misil

Willy Haryono • 07 Maret 2017 09:14
medcom.id, Tokyo: Korea Utara mengklaim telah berlatih menghantam beberapa pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Jepang dengan menggunakan misil. Demikian dilaporkan kantor berita pemerintah Korut, Korean Central News Agency (KCNA), Selasa 7 Maret 2017. 
 
KCNA menyebut Kim Jong-un mengamati langsung peluncuran, dan "memanjakan matanya dengan melihat sendiri jejak asap dari roket balistik." 
 
Empat misil balistik diluncurkan Korut pada Senin 6 Maret 2017 pagi waktu setempat. Masih dari laporan KCNA, keempat misil itu "diluncurkan sebuah unit militer yang bertugas menghantam beberapa pangkalan imperialis AS di Jepang."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AS memiliki sejumlah instalasi militer di Jepang, yang merupakan bagian dari aliansi keamanan pasca Perang Dunia II. 
 
Tiga dari empat misil balistik terbang sejauh 965 kilometer melewati langit Korut dan mendarat di Laut, di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang di Semenanjung Oga, prefektur Akita. 
 
Prefektur tersebut adalah markas dari pasukan pertahanan diri Jepang (SDF). Sementara misil keempat jatuh di luar ZEE Jepang. 
 
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa peluncuran terbaru "jelas menunjukkan bahwa level ancaman Korut saat ini naik ke level baru."
 
Komando Strategis AS mendeteksi aksi terbaru Korut, namun "misil-misil tersebut tidak mengancam kawasan Amerika Utara."
 
Pyongyang tidak menyebut jenis misil apa yang telah diluncurkannya. Namun dengan ketinggian maksimal mencapai 257 km, sejumlah analis menduga tipe misil tersebut adalah Rodong jarak menengah atau Scud yang dimodifikasi. 

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif