Jerman Donasikan 40 Generator Listrik untuk Sulteng
Kehancuran akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulteng. (Foto: AFP)
Balikpapan: Bantuan kemanusiaan dari pemerintah Jerman sedang bergerak menuju lokasi bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Bantuan berisi 40 generator listrik ini dibawa dengan sebuah pesawat dari Lembaga Bantuan Teknis Jerman (THW).

Paket bantuan dijadwalkan tiba di Bandara Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin 8 Oktober 2018. Puluhan generator ini diharapkan dapat memasok listrik kepada masyarakat dan membantu operasional jaringan komunikasi.

Merespons permintaan dari Indonesia, seluruh generator listrik ini didanai Bantuan Darurat dari Kementerian Luar Negeri Jerman. Staf TWH akan membantu otoritas setempat dalam memasang dan mengoperasikan puluhan generator tersebut.


Dana Tanggap Darurat Pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (CERF) telah mengalokasikan USD15 juta atau setara Rp228 miliar untuk upaya bantuan. Pada saat ini, Jerman merupakan kontributor terbesar terhadap pendanaan inti CERF. 

Selain itu, Kemenlu Jerman turut menyediakan bantuan senilai EUR1,5 juta (setara Rp26 miliar) untuk daerah terdampak di Sulteng. Uni Eropa juga memberikan kontribusi berarti dalam upaya bantuan secara keseluruhan.

Di luar pendanaan dari pemerintah Jerman yang disebut di atas, anggota-anggota organisasi bantuan Jerman I.S.A.R Germany telah tiba di zona bencana pada Sabtu 6 Oktober. Mereka membantu tim penanggulangan bencana dari Indonesia dalam memproduksi air bersih. Beberapa peralatan yang digunakan akan disumbangkan dan dibiarkan tetap ada di Indonesia untuk pemakaian mendatang.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat jumlah korban jiwa akibat gempa dan tsunami di Sulteng mencapai 1.763 orang, dengan 2.632 lainnya mengalami luka-luka. Terdapat pula 152 orang yang diduga masih tertimbun reruntuhan bangunan.

Baca: Sumbangan Warga Inggris untuk Sulteng Capai Rp156 M

 



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id