Ilustrasi seismograf yang mengukur aktivitas tektonik. (Foto: AFP)
Ilustrasi seismograf yang mengukur aktivitas tektonik. (Foto: AFP)

Gempa 5,7 SR Guncang Kermadec Selandia Baru

Internasional gempa bumi
Willy Haryono • 12 Mei 2019 10:05
Wellington: Gempa bumi berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Kermadec di Selandia Baru, Minggu 12 Mei 2019.
 
Menurut catatan Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, gempa terjadi pada pukul 04.06 waktu setempat, dengan kedalaman mencapai 73 kilometer. Dilansir dari Aninews, USGS mengatakan episenter gempa berlokasi di wilayah selatan dari Kepulauan Kermadec.
 
Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa dan luka akibat gempa, begitu pula dengan kerusakan properti. Gempa juga tidak memicu peringatan gelombang tsunami.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berlokasi di Samudra Pasifik bagian selatan, Kepulauan Kermadec berada antara 800-1000 km dari kawasan North Island Selandia Baru.
 
Selandia Baru berada di Cincin Api atau Ring of Fire, sebuah wilayah di Samudra Pasifik yang rentan dilanda gempa bumi serta erupsi vulkanik.
 
Oktober tahun lalu, gempa berkekuatan 6,2 SR mengguncang wilayah utara Selandia Baru. Gempa terjadi bertepatan dengan kunjungan Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle.
 
Guncangan gempa terasa di Wellington saat berlangsungnya sesi pertemuan parlemen. Akibatnya, para anggota parlemen pun mencari perlindungan akibat gempa.
 
Tidak ada laporan kerusakan dalam kejadian gempa ini. Sementara guncangan gempa tidak dirasa di Auckland, di mana Pangeran Harry sedang melakukan kunjungan ke sebuah sekolah.
 
Dalam penanganan gempa, Selandia Baru dinilai sebagai salah satu negara terbaik di kawasan. Mantan Duta Besar RI untuk Selandia Baru Amris Hasan menilai Indonesia sebaiknya belajar mengenai kegempaan dari Negeri Kiwi.
 
Baca: RI Bisa Belajar Penanganan Gempa dari Selandia Baru
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif