Pemimpin Hong Kong Carrie Lam. (Foto: AFP)
Pemimpin Hong Kong Carrie Lam. (Foto: AFP)

Pemimpin Hong Kong Ajak Pedemo Berunding

Internasional hong kong
Sonya Michaella • 05 Juli 2019 07:17
Hong Kong: Pemimpin Hong Kong Carrie Lam menyatakan kesediaannya bertemu dengan para pedemo yang menyerbu kantornya, semalam.
 
"Pemimpin Lam mengundang para anak muda dari berbagai latar belakang untuk pertemuan, termasuk mahasiswa yang terlibat protes dalam satu bulan terakhir," sebut pernyataan dari parlemen, dikutip dari Channel News Asia, Jumat 5 Juli 2019.
 
Namun, tawaran ini ditolak oleh serikat mahasiswa dari Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong. Pasalnya, Lam meminta pertemuan itu digelar tertutup.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dialog harus digelar terbuka untuk semua warga Hong Kong yang berpartisipasi dan memungkinkan semua orang memiliki hak untuk berbicara," kata seorang wakil dari serikat mahasiswa.
 
Baca:Kepolisian Hong Kong Tangkap 13 Orang Terkait Kerusuhan
 
Menanggapi penolakan tersebut, parlemen masih berharap agar serikat mahasiswa mempertimbangkan kembali untuk ikut dalam pertemuan tersebut dengan tujuan memfasilitasi pandangan yang mendalam dan jujur.
 
Setidaknya 13 pedemo telah ditangkap kepolisian Hong Kong terkait kerusuhan. Salah satu yang ditangkap adalah pria yang memecahkan jendela Gedung Parlemen.
 
11 pria dan seorang perempuan lainnya ditangkap terkait dengan protes yang terjadi pada Senin, 1 Juli 2019 tersebut. Mereka dituduh melakukan beragam pelanggaran, termasuk mengancam dan melecehkan petugas kepolisian.
 
kerusuhan kembali pecah di Hong Kong. Massa menuntut agar pemimpin Hong Kong Carrie Lam turun dari jabatannya. Massa kemudian bentrok dengan polisi karena merangsek masuk ke Gedung Parlemen.
 
Pedemo memecahkan kaca jendela parlemen dengan troli besi yang berulang kali ditabrakkan ke kaca tersebut. Polisi yang berada di dalam Gedung Palemen juga melakukan perlawanan dengan memukulkan tongkat kayu dan menyemprotkan cairan merica ke arah pengunjuk rasa.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif