Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. (Foto: AFP).
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. (Foto: AFP).

Presiden Taiwan Maju Lagi di Pemilu 2020

Internasional taiwan
Sonya Michaella • 20 Februari 2019 12:19
Taipei: Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengonfirmasi rencananya untuk kembali mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilihan umum 2020. Dia ingin menyelesaikan visi dan misinya untuk Taiwan.
 
“Saya akan menyelesaikan visi dan misi saya untuk Taiwan. Wajar jika saya ingin berbuat banyak untuk Taiwan,” kata Tsai, dikutip dari CNN, Rabu 20 Februari 2019.
 
“Hal yang wajar juga bagi seorang presiden mencari empat tahun lagi untuk dapat menyelesaikan agendanya,” lanjut Tsai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga mengaku masih percaya diri kendati kemungkinan separuh warga Taiwan memintanya untuk tidak mencalonkan diri kembali di pemilu tahun depan.
 
“Ini adalah tantangan lain. Menjadi presiden, tidak akan pernah kekurangan tantangan. Di saat-saat baik, Anda memiliki satu tantangan, dan di saat buruk akan ada tantangan lainnya,” ungkap Tsai.
 
Pada pemilu 2016 lalu, Tsai meraih kemenangan telak dengan mengalahkan Partai Kuomintang yang berkuasa di Taipei. Kemenangan Tsai sempat membuat Tiongkok kalang kabut karena Tsai merupakan sosok pendukung demokrasi Taiwan dan menolak One China Policy.
 
Usai terpilih, Tsai mencoba mencari perundingan dengan pemerintahan Tiongkok namun selalu ditolak. Sementara Beijing memutuskan komunikasi dengan pemerintahan Tsai dan terus meningkatkan latihan militer.
 
Dalam beberapa waktu terakhir, popularitas Tsai di dalam negeri juga terus menurun karena kebijakannya yang memangkas dana pensiun di sektor publik dan dorongannya terhadap hak pernikahan sejenis yang memicu amarah kaum konservatif.
 
Peringkatnya terus turun hingga 15 persen setelah dia mundur dari posisi ketua partai DPP, menyusul kekalahan besar dalam pemilihan lokal November 2018 lalu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif