'Bapak Taliban' Tewas Dibunuh di Pakistan
Maulana Sami ul-Haq adalah tokoh berpengaruh di Pakistan. (Foto: AFP/GETTY IMAGES)
Rawalpindi: Tokoh ternama Pakistan Maulana Sami ul-Haq, dikenal juga sebagai 'Bapak dari Kelompok Taliban,' dilaporkan tewas dibunuh di kota Rawalpindi. Media lokal mengutip pernyataan beberapa anggota keluarganya, yang mengatakan Haq tewas ditusuk seseorang.

Namun ada beberapa laporan lainnya yang menyebut Haq ditembak mati. Motif pembunuhan belum diketahui.

Haq adalah kepala dari madrasah Haqqania di Pakistan utara, daerah di mana banyak anggota Taliban -- termasuk pendiri grup tersebut, Mullah Omar -- mengenyam pendidikan.


Seperti disitat dari kantor berita BBC, Sabtu 3 November 2018, laporan mengenai kematian Haq masih simpang siur. Anak Haq mengatakan ayahnya itu ditusuk "beberapa kali" di sebuah rumah miliknya di Rawalpindi.

"Dia sedang beristirahat di kamarnya di waktu asar. Saat itu, pengawal yang juga merupakan sopirnya pergi keluar selama 15 menit," tutur Maulana ul-Haq, seperti dikutip oleh saluran televisi Pakistan, Geo TV.

"Saat dia kembali, Maulana Sami ul-Haq tewas bersimbah darah di tempat tidur," lanjut dia.

Hingga saat ini, belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap Haq.

Sementara itu, belum lama ini Afghanistan telah meminta Haq meyakinkan Taliban untuk memulai negosiasi damai. Haq adalah mantan senator yang pernah menjalankan sebuah faksi dari partai Jamiat Ulema-e-Islam -- dan merupakan orang dekat partai PTI milik Perdana Menteri Imran Khan.

PM Khan saat ini sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Tiongkok. Kantor PM Khan mengeluarkan pernyataan yang mengutuk pembunuhan terhadap Haq dan menyerukan adanya investigasi.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id