Kebakaran yang melanda Australia makin mendekati Sydney. Foto: AFP
Kebakaran yang melanda Australia makin mendekati Sydney. Foto: AFP

Kebakaran Hutan Australia Landa Pinggiran Sydney

Internasional kebakaran hutan australia
Fajar Nugraha • 12 November 2019 19:10
Sydney: Kebakaran hutan yang berkecamuk di wilayah Australia timur pada Selasa mulai merembet ke pinggiran Kota Sydney, tempat para petugas pemadam kebakaran terpaksa mengacak-acak pesawat dan helikopter untuk memerciki lingkungan yang dibangun dengan air dan penghambat merah.
 
Nyala api di pinggiran pantai utara Turramurra -,sekitar 15 kilometer dari pusat kota terbesar Australia,- merobek taman hutan eukaliptus dan memicu kebakaran di rumah, sebelum akhirnya dikendalikan.
 
Ketika malam tiba, pihak berwenang mengatakan mereka berhasil mengatasi kobaran api yang jelas-jelas mencurigakan di taman nasional di pinggiran selatan kota Sydney.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sepanjang hari, lebih dari 300 kebakaran hutan membakar dan turun di pantai timur Australia, dikipasi oleh angin kencang, suhu yang sangat panas dan hutan semak kering yang telah menyebabkan beberapa kondisi paling berbahaya yang pernah dilihat oleh negara itu.
 
Di Turramurra, Sydney, kebun-kebun hancur, asap tebal menggantung tebal di udara dan mobil-mobil, rumah-rumah dan jalan-jalan berlapis retardant merah raspberry seolah-olah ditabrak oleh paintball raksasa.
 
"Bara api yang melayang benar-benar melintang dan memicu titik api di halaman depan," kata warga bernama Nigel Lush kepada AFP, Selasa, 12 November 2019, seraya menambahkan bahwa satu atap telah dibakar.
 
Warga lain, Julia Gretton-Roberts, mengatakan kobaran api itu menyebar dengan sangat cepat. "Hal berikutnya yang saya tahu api itu di seberang rumah kami dan itu sangat besar dan polisi datang dan mengambil anak-anak kami dan membawa mereka pergi," katanya.
 
"Putriku sangat ketakutan,” imbuhnya.
 
Petugas pemadam kebakaran Andrew Connon mengatakan kepada AFP "sejumlah rumah terancam tetapi diatasi oleh tim pemadam dari udara".

Antisipasi


Ribuan petugas pemadam kebakaran menyebar ke seluruh New South Wales untuk mengantisipasi apa yang mereka sebut risiko kebakaran ‘yang meluas’ dan kondisi ‘bencana’.
 
Mereka tidak dapat mencegah beberapa kebakaran hutan dari pelanggaran garis penahanan dan menjebak warga yang belum dievakuasi.
 
Komisaris Layanan Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales Shane Fitzsimmons mengatakan sejauh ini hanya belasan bangunan yang rusak pada Selasa dan beberapa cedera yang tidak mengancam jiwa dilaporkan. Tetapi krisis masih jauh dari selesai.
 
“Petugas pemadam kebakaran akan menambal kebakaran ini selama berhari-hari dan berminggu-minggu, mengingat besarnya wilayah sebaran api,” katanya.
 
Para ahli menggambarkan kondisi itu sebagai yang terburuk dalam catatan, karena suhu musim semi naik ke 40 derajat Celcius dan angin mencapai 80 kilometer per jam melintasi zona yang dilanda kekeringan yang terus-menerus.
 
Bahkan sebelum cuaca buruk menimpa, hari-hari kebakaran telah menewaskan tiga orang dan menghancurkan sedikitnya 150 rumah.
 
"Kondisinya diperkirakan akan semakin buruk," ucap Fitzsimmons, memperingatkan warga di daerah yang berdekatan agar tetap waspada.
 
Hingga 600 sekolah ditutup, serta banyak taman nasional, larangan kebakaran total diberlakukan untuk daerah yang terkena dampak. Bencana ini juga menyebabkan ajang Rally Australia dibatalkan.
 
Militer ikut serta membantu petugas pemadam kebakaran dengan logistik dan pengalihan air. Mereka mengerahkan lebih dari 100 pesawat.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif