Dereta panser militer Tiongkok yang dikerahkan ke wilayah dekat Hong Kong. Foto: People's Daily China.
Dereta panser militer Tiongkok yang dikerahkan ke wilayah dekat Hong Kong. Foto: People's Daily China.

Tiongkok Kerahkan Panser ke Perbatasan Hong Kong

Internasional hong kong tiongkok
Marcheilla Ariesta • 13 Agustus 2019 16:09
Shenzhen: Militer Tiongkok dilaporkan mengerahkan pasukan mereka beserta dengan kendaraan lapis baja ke Kota Shenzhen, yang berbatasan dengan Hong Kong. Diduga Beijing sengaja mengerahkan militernya untuk meredam aksi demonstrasi di kota bisnis tersebut.
 
Baca juga: Pedemo Timbulkan Kekacauan di Bandara Hong Kong.
 
Media Tiongkok, People's Daily China, melaporkan sejumlah besar kendaraan lapis baja ke kota tersebut. Beberapa tank bahkan dilaporkan telah terparkir di wilayah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui sebuah video yang diunggah di Twitter, mereka memperlihatkan kendaraan militer itu dikerahkan dengan alasan untuk latihan.
 
Pengerahan kendaraan militer ini dilakukan saat demonstrasi di Hong Kong kian memanas. Selama hampir tiga bulan melakukan demo di gedung-gedung pemerintahan, para demonstran menduduki Bandara Internasional Hong Kong yang mengakibatkan salah satu stasiun penerbangan tersibuk dunia itu lumpuh.
 
Tiongkok, melalui Kantor Dewan Negara untuk Urusan Hong Kong dan Makau, mengecam segala kekerasan yang dilakukan para demonstran. Juru bicara kantor tersebut, Yang Guang, bahkan menyebut tindak kekerasan pendemo sebagai aksi terorisme.
 
"Para demonstran radikal Hong Kong telah berulang kali menggunakan alat yang sangat berbahaya untuk menyerang petugas kepolisian. Ini sudah menjadi kejahatan serius dan juga menunjukkan tanda-tanda awal terorisme muncul," katanya, dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
"Tindakan ini telah menginjak hukum dan tatanan sosial Hong Kong," imbuhnya.
 
Baca juga: Bandara Hong Kong Batalkan 300 Penerbangan.
 
Adanya kendaraan lapis baja di Shenzhen ini bukan pertama kalinya dilakukan Tiongkok. Pada 6 Agustus lalu mereka mengerahkan 12 ribu personel kepolisian di Shenzhen dengan dalih menggelar latihan.
 
Latihan ini direkam dan diunggah ke media sosial kepolisian Tiongkok. Salah satu komandan kepolisian menuturkan latihan tersebut dilakukan untuk menjaga stabilitas sosial.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif