Longsor salju melanda Pakistan dan Afghanistan akibat cuaca buruk melanda. Foto: AFP
Longsor salju melanda Pakistan dan Afghanistan akibat cuaca buruk melanda. Foto: AFP

18 Jam Terkubur Longsor Salju, Remaja Pakistan Diselamatkan

Internasional salju longsor pakistan
Fajar Nugraha • 16 Januari 2020 07:12
Muzaffarabad: Seorang remaja perempuan berusia 12 tahun ditemukan dalam keadaan hidup pada Rabu 15 Januari setelah terkubur selama 18 jam. Dia terkubur ketika longsoran salju di Kashmir yang dikuasai Pakistan menelan rumah keluarga.
 
Samina Bibi ingat berteriak minta tolong ketika dia berbaring terperangkap di sebuah ruangan di bawah salju.
 
Jumlah korban jiwa akibat longsoran salju hari Senin di Lembah Neelum Pakistan, di wilayah Himalaya yang disengketakan oleh Pakistan dan India, naik menjadi 74, menurut pejabat Pakistan. Tim penyelamat pun terus menemukan mayat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Samina adalah salah satu yang beruntung. "Saya pikir saya akan mati di sana," katanya dari tempat tidur rumah sakit di Muzaffarabad, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis, 16 Januari 2020.
 
Bagi ibu Samina, Shahnaz Bibi, yang kehilangan seorang putra dan seorang putri lainnya, penyelamatan itu bukanlah keajaiban. Setelah ditarik keluar dari salju sebelumnya, Shahnaz mengatakan bahwa dia dan saudara lelakinya, Irshad Ahmad, telah putus asa menemukan Samina hidup-hidup.
 
Samina mengatakan dia tidak bisa tidur sementara dia menunggu untuk diselamatkan. Kakinya patah dan darah mengalir dari mulutnya.
 
“Bencana terjadi sangat cepat. Kami tidak mendengar gemuruh," kata Shahnaz.
 
Longsor ini mengubur rumah tiga lantai milik Shahnaz dan keluarganya berlindung dengan orang lain dari desa. Setidaknya 18 dari mereka meninggal.
 
Samina dan keluarganya berkerumun di sekitar api ketika longsor melanda. "Itu terjadi dalam sekejap mata," kata Shahnaz.
 
Otoritas Manajemen Bencana Nasional Pakistan mengatakan jumlah total kematian di daerah yang dilanda salju di Pakistan selama beberapa hari terakhir telah melonjak menjadi 100. Salju yang turun lebih deras diperkirakan terjadi di kawasan itu mulai Jumat. Sepuluh orang lainnya terbunuh di bagian India di lembah Kashmir.
 
Kashmir telah dibagi antara India dan Pakistan sejak kemerdekaan mereka pada tahun 1947. Pada 2012, longsor melanda markas tentara Pakistan di dekat perbatasan India, menewaskan sedikitnya 124 tentara dan 11 warga sipil.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif