Presiden RI Joko Widodo dan Sekjen PBB Antonio Gutteres. (Foto: Dok. Setpres RI)
Presiden RI Joko Widodo dan Sekjen PBB Antonio Gutteres. (Foto: Dok. Setpres RI)

Indonesia Siap Berkontribusi Upaya Penyelesaian Masalah Palestina

Internasional palestina ktt asean
Sonya Michaella • 03 November 2019 10:13
Bangkok: Presiden RI Joko Widodo menyampaikan kesiapan Indonesia untuk turut berkontribusi bagi upaya penyelesaian masalah isu Rakhine State dan Palestina.
 
Pernyataan ini disampaikan Jokowi kepada Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres pada pertemuan bilateral di KTT ke-35 ASEAN, di Thailand.
 
"Presiden menyampaikan observasinya terhadap dua isu tersebut. Sekali lagi, Indonesia secara aktif bersedia, lebih dari siap, untuk berkontribusi dalam upaya penyelesaian dua masalah yang tidak mudah itu," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Minggu 3 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Guterres juga menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Joko Widodo atas kontribusi Indonesia dalam upaya penyelesaian dua isu tersebut.
 
Meski hingga saat ini situasi di Rakhine State dan Palestina masih belum menemui hasil yang diharapkan, baik Jokowi dan Guterres memiliki pandangan yang sama bahwa seluruh pihak tetap harus menjaga asa bagi penyelesaian krisis tersebut.
 
"Kita tidak boleh putus asa. Kita harus terus berusaha karena dua-duanya pada akhirnya menyangkut masalah kemanusiaan," ungkap Retno.
 
Selama pertemuan bilateral tersebut, Jokowi juga didampingi oleh di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif