Militer Pakistan menyiapkan rudal Shaheen II. (Foto: AFP)
Militer Pakistan menyiapkan rudal Shaheen II. (Foto: AFP)

Pakistan Klaim Berhasil Uji Coba Rudal Balistik

Internasional pakistan
Sonya Michaella • 24 Mei 2019 07:01
Islamabad: Militer Pakistan mengklaim berhasil melakukan uji coba rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak nuklir. Rudal Shaheen II ditembakkan kemarin sore.
 
"Rudal Shaheen II dapat membawa hulu ledak konvensional dan nuklir hingga jarak 1.500 kilometer. Peluncuran ini bertujuan untuk memastikan kesiapan operasional Komando Strategis Angkatan Darat," sebut pernyataan militer Pakistan, dikutip dari Aljazeera, Jumat 24 Mei 2019.
 
Juru bicara militer Pakistan, Asif Ghafoor menambahkan, uji coba rudal tersebut dilakukan untuk menegaskan kembali sikap pencegahan nuklir negara itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Shaheen-II telah memenuhi kebutuhan strategis Pakistan terhadap pemeliharaan stabilitas pencegahan yang diharapkan di kawasan," ujarnya.
 
Baca:Pakistan Tuduh India Rencanakan Agresi Militer
 
Uji coba rudal balistik ini dilakukan sehari setelah Pakistan menghubungi India untuk menyampaikan tawaran pembicaraan damai.
 
Namun, Kementerian Luar Negeri India tidak mengeluarkan pernyataan atau menanggapi tawaran melanjutkan pembicaraan damai itu.
 
Sebaliknya, India juga dikabarkan baru saja melakukan uji coba rudal jelajah dengan kecepatan supersonik yang dikembangkan bersama Rusia.
 
Rudal BrahMos ini diklaim India mampu melaju dengan kecepatan maksimal yaitu 3.450 kilometer per jam dan dipersiapkan untuk digunakan pada 2020.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif