Pertempuran Melawan Taliban di Ghazni Memasuki Hari Ketiga
Pasukan Afghanistan yang didukung AS memerangi Taliban di kota Ghazni, 12 Agustus 2018. (Foto: AFP)
Ghazni: Pertempuran mempertahankan Ghazni, sebuah kota di Afghanistan, memasuki hari ketiga pada Minggu 12 Agustus 2018. Pasukan Afghanistan yang didukung Amerika Serikat (AS) masih terus berusaha mengusir kelompok militan Taliban dari kota tersebut. 

Wartawan kantor berita AFP di lapangan menyebut militan Taliban masih berkeliaran di Ghazni. Mereka membakar kantor-kantor pemerintah dan mengendalikan beberapa pos pemeriksaan polisi. 

Sementara bala bantuan tentara yang dikerahkan pemerintah pusat secara perlahan memasuki Ghazni. Warga bersembunyi di rumah mereka atau berusaha melarikan diri dari pertempuran.


"Situasinya kacau," ucap Amanullah Kamrani, Wakil Kepala Dewan Provinsi Ghazni, kepada AFP dari Kabul.

"Di Ghazni, hanya markas polisi, kantor gubernur dan beberapa departemen yang berada di bawah kendali pasukan Afghanistan -- sisanya dikendalikan Taliban," tambah dia.

Baca: Pasukan Afghanistan dan AS Hadapi Taliban di Kota Ghazni

Seorang penduduk Ghazni, Rahmatullah Andar, menggambarkan adegan serupa dalam wawancara dengan stasiun televisi Tolonews. Ia menyebut pertempuran terus berkecamuk di sebagian besar kota dan distrik terpencil.

"Tidak ada kekuatan yang cukup untuk mengusir Taliban. Kami belum pernah menyaksikan serangan Taliban dalam skala sebesar ini," kata Andar.

Layanan telepon seluler di Ghazni terputus usai para militan Taliban merusak menara telekomunikasi. Serangan juga ditujukan ke beberapa kantor media di Ghazni, yang membuat beragam informasi dari kota tersebut sulit diverifikasi.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id