Wapres JK dalam Bali Democracy Forum VIII di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Kamis (10/12/2015). (Foto: MTVN.Willy Haryono)
Wapres JK dalam Bali Democracy Forum VIII di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Kamis (10/12/2015). (Foto: MTVN.Willy Haryono)

JK: ISIS Muncul dari Negara Gagal Berdemokrasi

Internasional bali democracy forum
Willy Haryono • 10 Desember 2015 11:48
medcom.id, Nusa Dua: Isu terorisme dan ekstremisme disinggung Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam membuka Bali Democracy Forum (BDF) VIII di Nusa Dua, Bali, Kamis (10/12/2015).
 
JK menilai terorisme memiliki kaitan dengan demokrasi, dengan mencontohkan munculnya grup-grup teroris seperti Al Qaeda dan Islamic State (ISIS).
 
"Dua sumber terorisme itu tumbuh dari negara yang gagal," tegas JK. "Afghanistan demokrasinya enggak jalan, muncul invasi negara besar, maka struktur negaranya collapse."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


ISIS muncul di Irak dan Suriah, dua negara yang juga bermasalah dalam berbagai sektor. Karena kondisinya kacau balau, kelompok radikal dan ekstremis seperti ISIS pun bermunculan.
 
Negara-negara asing mulai masuk ke Irak dan Suriah, untuk mencoba menegakkan nilai-nilai berdemokrasi. Tapi, negara-negara tersebut berusaha melakukannya dengan kekuatan militer. JK menilai hal tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai demokrasi.
 
"Demokrasi tidak bisa ditegakkan dengan kekerasan, harus secara demokratis," ungkap JK.
 
Untuk menjalankan demokrasi dengan baik, JK meminta negara-negara peserta dan juga pemantau di BDF untuk belajar dari Indonesia. Momennya tetap, tambah JK, karena BDF tahun ini digelar satu hari setelah pemilihan umum kepala daerah yang dilaksanakan secara serentak.
 
Pilkada serentak berjalan aman, tertib dan tidak ada masalah signifikan. "Ini artinya demokrasi berjalan baik," tutur JK.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif