Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)

Gempa Laut Banda Terasa di Darwin, Pusat Kota Dievakuasi

Internasional gempa bumi
Arpan Rahman • 24 Juni 2019 12:39
Darwin: Warga kota Darwin, Australia, Senin 24 Juni 2019, merasakan guncangan dahsyat yang merupakan dampak dari gempa bumi di Laut Banda, Indonesia. Menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan magnitudo 7,7.
 
Beberapa bagian dari distrik bisnis di kota Darwin dievakuasi usai warga merasakan guncangan. Meski terasa cukup kuat, Biro Meteorologi Australia mengatakan tidak ada ancaman tsunami. Menurut versi otoritas Australia, gempa di Laut Banda tersebut berkekuatan magnitudo 7,2.
 
Jonathan Bathgate, seorang seismolog dari Geoscience Australia, mengatakan bahwa gempa magnitudo 7,2 itu terjadi menjelang tengah hari, yang episenternya berlokasi 700 kilometer dari Darwin. Kedalaman gempa disebut berkisar 200 km.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Gempa dirasakan cukup kuat di area Darwin CBD," kata Bathgate, dinukil dari Guardian. "Semuanya terasa seperti bergoyang," ucap warga Darwin bernama Leah Potter.
 
Potter menambahkan gempa tersebut terasa seperti terjadi dua kali. Dalam gempa pertama, ia dan anaknya tidak terlalu khawatir. Namun saat guncangan kedua, kekuatannya jauh lebih kuat.
 
"Kami berlari ke luar dan melihat banyak backpacker. Kami tidak tahu mereka dari negara mana saja, tapi mereka terlihat ketakutan," sebut Potter.
 
Kavinda Weerachandra, warga asal Palmerston, mengatakan bahwa beberapa retakan terlihat di dinding rumahnya usai guncangan. Saat gempa terjadi, dia sedang bekerja di rumahnya,
 
"Awalnya saya tidak terlalu peduli, tapi guncangannya terasa semakin kencang," ucap Weerachandra.
 
Sebelumnya, provinsi Papua di Indonesia juga diguncang lindu berkekuatan 6,1 skala Richter. Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berada di kedalaman 240 kilometer sebelah barat kota Abepura.
 
Baca:Gempa di Laut Banda Terasa Hingga Australia
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif