Jembatan di Taiwan yang runtuh menimpa kapal nelayan dan menewaskan tiga WNI. Foto: AFP
Jembatan di Taiwan yang runtuh menimpa kapal nelayan dan menewaskan tiga WNI. Foto: AFP

Penyelidik Periksa Masalah Struktur Jembatan Runtuh di Taiwan

Internasional wni taiwan
Fajar Nugraha • 03 Oktober 2019 16:17
Taipei: Penyelidik pada Kamis memeriksa kemungkinan masalah struktural di sekitar jembatan yang runtuh di timur laut Taiwan. Insiden itu menewaskan enam orang, termasuk tiga WNI.
 
Rekaman TV dari taiwan menunjukkan penyelamat membawa mayat nelayan terakhir yang hilang di perahu karet dengan orang-orang menebar uang kertas dari dermaga.
 
“Sebuah laporan 2016 tentang jembatan di wilayah Yilan telah menemukan masalah dengan sambungan ekspansi di jembatan Nanfang'ao. Jembatan itu dibangun pada 1998 dan runtuh Selasa 1 Oktober pagi,” kantor berita resmi Central News Agency melaporkan, yang dikutip Associated Press, Kamis, 3 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun seni itu dirancang untuk menyerap perubahan suhu. CNA mengutip laporan itu yang mengatakan bahwa pengendara motor dapat merasakan perbedaan tingkat di kedua sisi sendi, mungkin sebagai akibat dari warping atau masalah lain.
 
Perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola jembatan, Taiwan International Ports Corporation, Ltd., sebelumnya mengatakan membersihkan persendian dan memperbaiki masalah lain. Kendala itu termasuk seperti bala bantuan baja dan pagar pembatas pada 2017 dan 2018.
 
Para ahli juga melihat kondisi kabel baja jembatan, termasuk kemungkinan tingkat korosi yang berbahaya.
 
Jembatan sepanjang 140 meter lebar 18 meter runtuh ke teluk di pantai timur Taiwan yang berpenduduk sedikit, sekitar 60 kilometer tenggara Taipei.
 
Topan menyapu pulau sebelumnya, tetapi cuaca cerah ketika jembatan runtuh, dan tidak jelas apakah badai merupakan faktor.


Tiga WNI jadi korban


Seorang warga negara Indonesia yang dinyatakan hilang dalam insiden jembatan runtuh di Taiwan akhirnya ditemukan, Rabu 2 Oktober 2019. Total WNI yang tewas dalam insiden tersebut mencapai tiga orang.
 
Ketiganya merupakan anak buah kapal yang bekerja di area Nanfangao, Taiwan. Mereka adalah Wr, 29, asal Cirebon, Er, 32, Indramayu dan MD, 28, Pemalang.
 
Insiden jembatan ambruk itu juga melukai empat WNI lainnya. Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taiwan beserta Kementerian Luar Negeri RI akan memfasilitasi repatriasi serta pemenuhan hak-hak ketenagakerjaan semua WNI yang menjadi korban.
 
Menteri Transportasi Taiwan Lin Chia-lung menegaskan pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan. Menurutnya, jembatan buatan 1998 tersebut seharusnya masih dapat bertahan hingga 50 tahun ke depan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif