Kim Jong-un Segera Kunjungi Korsel
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (Foto: AFP).
Seoul: Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in mengatakan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un akan segera mengunjungi Seoul. Pernyataan ini disampaikan di depan Majelis Nasional.

"Kunjungan kembali ke Seoul oleh Ketua Kim Jong-un akan segera dilakukan," katanya, dilansir dari laman ABC News, Kamis, 1 November 2018.

Berbagai komentar datang mengenai kunjungan tersebut. Terlebih dalam pidatonya, Moon mengusulkan anggaran pemerintah untuk proyek selanjutnya.


Moon memaparkan banyak keuntungan jika hubungan kedua negara meningkat. Salah satunya mengenai denuklirisasi di Semenanjung Korea.

"Sekarang, berdasarkan kepercayaan yang kuat satu sama lain, Korea Utara dan Selatan dan Amerika Serikat akan mencapai denuklirisasi penuh dan perdamaian abadi," tutur dia.

Menurut dia, kesempatan ini harus digunakan sebaik-baiknya.

Moon menggarisbawahi fakta bahwa ancaman militer kedua negara tidak akan ada lagi. Perjanjian militer antar-Korea yang ditandatangani Menteri Pertahanan kedua Korea juga mulai berlaku hari ini.

Para pemimpin kedua Korea mengumumkan Kim akan ke Seoul pada pertemuan ketiga mereka di Pyongyang pada September lalu. Kim akan menjadi pemimpin pertama Korea Utara yang mengunjungi ibu kota Korea Selatan tersebut.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id