Korea Utara Hancurkan Pos Penjaga di Zona Demiliterisasi 

Arpan Rahman 22 November 2018 14:08 WIB
korea utara
Korea Utara Hancurkan Pos Penjaga di Zona Demiliterisasi 
Pasukan Korea Selatan (Korsel) di lokasi zona demiliterisasi (DMZ). (Foto: AFP).
Panmunjom: Korea Utara (Korut) telah menghancurkan pos penjaga di Zona Demiliterisasi, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan hubungan dengan Korea Selatan (Korsel).

Penghancuran pos-pos di perbatasan yang dijaga ketat itu terjadi setelah kesepakatan dengan Korsel untuk ‘menghancurkan sepenuhnya’ lokasi-lokasi semacam itu di kawasan tersebut. Rekaman yang ditayangkan Kementerian Pertahanan Korsel menunjukkan pos-pos penjaga di Korut dihancurkan dalam asap tebal.

Disitat dari Mirror, Kamis 22 November 2018, penghancuran tampaknya telah dikemas dengan bahan peledak yang dipicu dari jarak jauh. Ledakan itu memercikkan serpihan batu dan api ke udara ketika pos-pos yang sudah dirusak itu dihancurkan.


Tindakan ini menyusul pakta militer pada KTT bulan lalu di Korut yang menyerukan penghentian ‘semua tindakan bermusuhan’, zona larangan terbang di dekat perbatasan, dan penghapusan bertahap pos penjaga, senjata api, dan ranjau darat dari DMZ yang memisahkan kedua negara.

Sebagai langkah awal, kedua negara tetangga setuju membongkar 11 pos jaga dalam jarak satu kilometer dari masing-masing sisi perbatasan dan menarik peralatan serta personel yang ditempatkan di sana pada akhir November, kata kementerian itu.

Ketegangan telah mencair di wilayah ini selama setahun terakhir. Pada April, kedua Korea menandatangani Deklarasi Panmunjom, yang diharapkan pada akhirnya akan membuka jalan bagi denuklirisasi Semenanjung Korea.

Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengadakan pertemuan tingkat tinggi di Singapura pada Juli, menandai sebuah titik tolak dalam sejarah Korut dengan seluruh dunia. DMZ adalah zona penyangga yang dijaga ketat sepanjang 257 kilometer antara kedua negara yang memisahkan Utara dan Selatan dengan luas 4km tanpa manusia.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id