Sebuah pesawat jet E-11A di Kandahar, Afghanistan, 25 Mei 2012. (Foto: AFP/US AIR FORCE/SGT. HEATHER SKINKLE)
Sebuah pesawat jet E-11A di Kandahar, Afghanistan, 25 Mei 2012. (Foto: AFP/US AIR FORCE/SGT. HEATHER SKINKLE)

Pesawat Militer AS Jatuh di Wilayah Taliban

Internasional amerika serikat taliban
Willy Haryono • 28 Januari 2020 08:04
Kabul: Sebuah pesawat jet militer Amerika Serikat jatuh di wilayah pegunungan di Afghanistan timur yang merupakan salah satu wilayah kekuasaan kelompok Taliban. Juru bicara Pasukan AS di Afghanistan Kolonel Sonny Leggett mengonfirmasi bahwa pesawat yang jatuh merupakan Bombardier E-11A, sebuah tipe jet yang digunakan sebagai media komunikasi di kawasan.
 
"Penyebab kecelakaan masih diselidiki. Tidak ada indikasi pesawat ini jatuh akibat ditembak musuh," tutur Leggett, dilansir dari laman AFP, Senin 27 Januari 2020. Ia tidak menyebutkan apakah ada korban jiwa atau tidak.
 
sebelumnya, jubir Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan sebuah pesawat AS telah jatuh dan tidak ada korban selamat. "Sebuah pesawat Amerika telah jatuh di provinsi Ghazni," ucap Mujahid.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Area pegunungan di provinsi Ghazni berada di bawah kendali atau pengaruh militan Taliban. Hal ini membuat pejabat setempat kesulitan memasuki area tersebut.
 
Rekaman video dari akun media sosial terafiliasi Taliban memperlihatkan sekelompok orang berbahasa Pashto yang berada di sekitar lokasi pesawat jatuh. Dalam video terlihat pesawat tersebut mirip dengan tipe E-11A. Logo mirip militer AS juga terlihat di badan pesawat.
 
Badan pesawat berada di sebuah lapangan yang ditutupi salju. Asap terus mengepul dari puing pesawat tersebut.
 
Kecelakaan dalam penerbangan militer, terutama helikopter, sering terjadi di Afghanistan. Penyebab kecelakaan beragam, mulai dari cuaca buruk hingga kondisi pesawat yang tidak layak terbang.
 
Laporan awal menyebut pesawat yang jatuh di Ghazni itu merupakan milik maskapai lokal Ariana Afghan Airlines. Namun pihak perusahaan dan juga otoritas penerbangan sipil Afghanistan membantah laporan tersebut.
 
"Semua penerbangan dari Ariana Afghan Airlines berlangsung normal," ucap pernyataan perusahaan di laman Facebook.
 
Sementara otoritas penerbangan sipil Afghanistan mengatakan bahwa "tidak ada kecelakaan pesawat komersil" yang tercatat terjadi di Ghazni.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif