Presiden SBY berpidato dalam acara CEAPAD di Jakarta - AFP/POOL/ACHMAD IBRAHIM
Presiden SBY berpidato dalam acara CEAPAD di Jakarta - AFP/POOL/ACHMAD IBRAHIM

SBY Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Soka

Internasional presiden sby
Willy Haryono • 14 Oktober 2014 18:13
medcom.id, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima gelar Doctor Honoris Causa bidang pendidikan dan kebudayaan dari Universitas Soka, Jepang. Gelar diserahkan langsung Yoshihisa Baba, rektor Universitas Soka, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/10/2014).
 
"Saya merasa terhormat karena di akhir masa jabatan, saya mendapat Doctor Honoris Causa dari universitas ternama seperti Universitas Soka di Jepang," kata SBY.
 
Menurut SBY, gelar ini merupakan penghargaan atas kerja keras pemerintahan dalam meningkatkan mutu pendidikan Tanah Air. Sang presiden menegaskan, pendidikan adalah prioritas utama sejak dirinya pertama kali menjabat pada 2004.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selama pemerintahan saya, pemerintah berhasil mengalokasikan 20 persen APBN untuk pendidikan sesuai mandat konstitusi," ujar SBY.
 
"Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia, dana pendidikan juga terus berkembang setiap tahunnya."
 
SBY menjelaskan mengapa pendidikan adalah prioritas utama. Alasannya jelas: pendidikan merupakan cara efektif dalam menumpas kemiskinan. Masalah utama warga miskin RI, ujar SBY, adalah kurangnya dana dalam mengenyam pendidikan. Sebagian besar kaum miskin RI tidak bisa melanjutkan pendidikan ke universitas.
 
Salah satu cara SBY mendorong mutu pendidikan adalah "BIDIK MISI,"  program untuk membantu keluarga kurang mampu. "Kami juga memastikan anak-anak dari daerah terpencil Indonesia mempunyai akses masuk ke universitas terbaik," tutur SBY.
 
"Semua ini dilakukan untuk memastikan adanya kesempatan yang setara di bidang pendidikan. Saya yakin, jika pendidikan terus ditingkatkan, maka kami dapat mengubah kehidupan seluruh masyarakat Indonesia."
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif