Ketahanan Pangan RI Tingkatkan Perekonomian di Indonesia
Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
Jakarta: Ketahanan pangan merupakan salah satu agenda nasional yang diprioritaskan dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo. Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir mengatakan hal tersebut merupakan prioritas Nawa Cita di Indonesia.
 
"Pertumbuhan di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan adalah salah satu cara efektif untuk mencapai ketahanan pangan. Di Indonesia, sektor-sektor ini secara signifikan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan," katanya dalam diskusi bersama Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO), Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018.
 
Fachir mengatakan pertanian merupakan sektor yang memberi kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. Karenanya, menurut dia sangat penting meningkatkan penghidupan petani skala kecil.
 
"Sebagai bagian dari komitmen Indonesia untuk mengatasi masalah ini, Indonesia telah menawarkan program peningkatan kapasitas di bidaang pertanian sebagai bagian dari kerja sama selatan-selatan kami," tuturnya.
 
Dia mengatakan telah lama melakukan kerja sama dengan FAO di bidang pertanian. "Upaya-upaya terpadu yang didasarkan pada komitmen yang kuat dari komunitas internasional akan diperlukan. Itulah sebabnya Indonesia mencoba mengarusutamakan masalah ini dalam skala global," imbuh Fachir.
 
Fachir juga meminta agar dalam kegiatan FAO di Indonesia ini, program yang ada di Tanah Air dijadikan model percontohan untuk program-program di negara lain.
 
"Kita bisa bekerja sama juga untuk keberhasilan FAO di sini sebagai model, untuk percontohan buat proyek FAO di tempat lain. Bahkan, kita bisa berkontribusi memberikan pelatihan dan sebagainya," imbuh dia.
 
Dari kerja sama dengan FAO ini, Indonesia mendapat keuntungan sebesar USD351,7 juta atau sekitar Rp5,3 triliun. Diskusi dan kunjungan FAO di Indonesia ini akan berlangsung hingga akhir pekan ini. Para peserta akan diajak mengunjungi program-program FAO yang ada di Solo, Yogyakarta, Jakarta dan Bali.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id