Phillipines Airlines. (Foto: istock)
Phillipines Airlines. (Foto: istock)

Phillipines Airlines Minta Izin Lewat Saudi Menuju Israel

Internasional arab saudi filipina
Sonya Michaella • 03 Januari 2019 11:51
Manila: Maskapai penerbangan Phillipines Airlines meminta izin Arab Saudi untuk melewati Riyadh dalam rute penerbangan ke Israel. Pasalnya, rute melewati Riyadh akan menghemat waktu dan biaya.
 
"Dewan Penerbangan Sipil Filipina menulis surat kepada Pemerintah Arab Saudi untuk meminta izin melewati Riyadh menuju Tel Aviv," kata Presiden Phillipines Airlines, Jaime Bautista, dikutip dari AFP, Kamis 3 Januari 2018.
 
Pada Maret 2018, untuk pertama kalinya, Arab Saudi telah membuka wilayah udara dalam penerbangan komersial untuk Air India dengan rute New Delhi ke Tel Aviv.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, dalam hubungan diplomatik, Arab Saudi sendiri tidak mengakui Israel. Meski membuka wilayah udara untuk maskapai penerbangan yang menuju Israel, Arab Saudi tak mengizinkan maskapai penerbangan Israel untuk melewati wilayah udaranya.
 
Maskapai El Al milik Israel bahkan harus menempuh jalur memutar untuk menghindari wilayah udara Arab Saudi.
 
Penerbangan langsung Manila-Tel Aviv merupakan buah kesepakatan antara Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat bertemu pada September 2018 lalu.
 
Rute baru ini akan disambut baik oleh ribuan warga Filipina yang bekerja di Israel dan para wisatawan dua negara. Hingga 2017, jumlah wisatawan dari Israel ke Filipina naik menjadi 61 persen dan dari Filipina ke Israel naik menjadi 42 persen.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif