Klinik dokter hewan di Pakistanyang dibakar. (Foto: BBC)
Klinik dokter hewan di Pakistanyang dibakar. (Foto: BBC)

Dokter Hewan di Pakistan Didakwa Penistaan Agama

Internasional pakistan
Sonya Michaella • 29 Mei 2019 11:30
Islamabad: Seorang dokter hewan beragama Hindu di Pakistan didakwa Undang-Undang Penistaan Agama karena diduga menjual obat-obatan yang dibungkus kertas bertuliskan huruf Arab.
 
Komunitas Muslim di negara tersebut marah dan membakar kliniknya di Mirpur Khas, Provinsi Sindh. Mereka juga menjarah toko-toko yang pemiliknya beragama Hindu.
 
Dilansir dari BBC, Rabu 29 Mei 2019, dokter hewan tersebut mengaku tak sengaja dan tak mengetahui bahwa tulisan di bungkus kertas tersebut terkait dengan agama Islam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dia membungkus obat untuk pemilik ternak menggunakan kertas yang disobek dari buku pelajaran. Pelanggan tersebut kemudian sadar bahwa kertas tersebut berisi tulisan Arab dan memberitahu ulama setempat," sebut laporan dari BBC.
 
Seorang pemimpin dari partai politik berbau agama, Jamiat Ulema-e-Islami, mengatakan bahwa dokter tersebut melakukannya dengan sengaja.
 
Akibatnya, dokter hewan tersebut kini didakwa menghina agama Islam dan Alquran serta menghadapi ancaman hukuman penjara seumur hidup.
 
Namun, peristiwa ini diprotes oleh beberapa orang di Pakistan. Pasalnya UU Penistaan Agama milik negara tersebut terkesan dirancang untuk menargetkan orang-orang dari kalangan minoritas.
 
Tak hanya itu, ratusan warga Pakistan dari kalangan minoritas telah didakwa dengan dalih penistaan agama. Salah satunya Asia Bibi yang dijatuhi hukuman mati pada 2010 karena dituduh menghina Nabi Muhammad.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif