Presiden Tiongkok Xi Jinping menyerukan perlawanan terhadap proteksionisme dan unilateralisme. (Foto: AFP).
Presiden Tiongkok Xi Jinping menyerukan perlawanan terhadap proteksionisme dan unilateralisme. (Foto: AFP).

Presiden Tiongkok Serukan Lawan Unilateralisme

Internasional tiongkok
Marcheilla Ariesta • 06 November 2019 05:30
Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping menyerukan agar segala bentuk proteksionisme dan unilateralisme dilawan. Pernyataan ini disampaikan saat membuka Pameran Impor Internasional Tiongkok di Shanghai.
 
"Kita perlu bergandengan tangan. Kita perlu merobohkan dinding, bukan membangun dinding. Kita berdiri tegak menentang proteksionisme dan unilateralisme," kata Xi, dikutip dari Antara, Selasa, 5 November 2019.
 
Dia juga mengajak masyarakat dunia untuk menghapus hambatan-hambatan perdagangan global secara bersama-sama. Menurutnya, saling pengertian itu dibutuhkan dalam kerja sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua persoalan harus diatasi dengan semangat kebersamaan dan saling pengertian. Tidak ada satu negara yang bisa menyelesaikan persoalan seorang diri sehingga diperlukan kerja sama," imbuh dia.
 
Dalam pidatonya, Xi berjanji akan terus membuka diri terhadap dunia. Dia berjanji akan membuka lebar-lebar pasar di dalam negerinya.
 
Xi menambahkan, dengan jumlah penduduk yang mencapai 1,4 miliar jiwa itu, Tiongkok merupakan pasar yang sangat menggiurkan.
 
"Apa yang ingin saya katakan hari ini bahwa pasar Tiongkok yang begitu besar ini sudah selayaknya Anda datangi untuk memberikan tawaran," tuturnya.
 
Tiongkok, imbuh Xi, akan terus menurunkan tarif dan berupaya menyeimbangkan ekspor dan impor, serta perdagangan dan industri.
 
CIIE tahun ini merupakan pameran produk-produk impor yang kedua. Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan juga hadir dalam kegiatan ini.
 

(NUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif