Latihan gabungan Angkatan Laut Australia-AS di Talisman Sabre. (Foto: AFP),
Latihan gabungan Angkatan Laut Australia-AS di Talisman Sabre. (Foto: AFP),

Australia Lacak Keberadaan Kapal Pengintai Tiongkok

Internasional australia
Marcheilla Ariesta • 08 Juli 2019 12:29
Sydney: Pejabat pertahanan Australia mengaku sedang melacak kapal pengintai Tiongkok, yang diperkirakan akan berada tepat di luar wilayah perairan negara untuk memantau latihan militer antara Australia dan Amerika Serikat (AS).
 
"Kami melacaknya. Kami belum tahu tujuan mereka, tetapi kami berasumsi kapal itu akan menuju ke pantai timur Queensland. Kami akan mengambil langkah-langkah tepat," kata Kepala Operasi Gabungan di Angkatan Pertahanan Australia, Letnan Jenderal Greg Bilton, dilansir dari Channel News Asia, Senin, 8 Juli 2019.
 
Sekitar 25 ribu personel militer Australia dan AS terlibat dalam latihan gabungan. Latihan bertajuk Talisman Sabre ini dilakukan di atas beberapa kapal perang hingga bulan depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiongkok dan Australia sedang bersaing memperebutkan pengaruh di Pasifik Selatan, sebuah perairan minim penduduk dengan kekayaan sumber daya alam yang luar biasa.
 
Berita tentang kapal pengintai Tiongkok yang mendekati Australia muncul setelah tiga kapal Tiongkok tiba-tiba datang di perairan Sydney bulan lalu.
 
Hubungan Tiongkok dan Amerika Serikat juga memburuk dalam beberapa bulan terakhir terkait perang dagang. Namun belakangan hubungan keduanya mulai membaik usai Presiden AS Donald Trump dan Xi Jinping dari Tiongkok bertemu di Konferensi Tingkat Tinggi G20.
 
Angkatan Laut Tiongkok tumbuh secara dramatis selama dua dekade terakhir. Beijing berupaya memperluas pengaruhnya, dan saat ini disebut-sebut sebagai salah satu negara dengan angkatan laut terkuat di dunia.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif