Malaysia Segera Hapus Hukuman Mati
Ilustrasi medcom.
Kuala Lumpur: Pemerintah Malaysia berencana untuk menghapus hukuman mati. Pembahasan ini ini sudah dilakukan sejak pekan ini oleh semua jajaran kabinet Perdana Menteri Mahathir Mohamad.

"Semua hukuman mati untuk jenis kriminal apa pun akan dihapuskan. Kita hentikan penuh," kata Menteri Hukum Malaysia Liew Vui Keong, dikutip dari Strait Times, Jumat 12 Oktober 2018.

Rancangan Undang-Undang (RUU) juga baru diumumkan pada Rabu 10 Oktober kemarin, bertepatan dengan hari anti-hukuman mati internasional.


Baca: Bayar Utang, Mahathir Berniat Jual Aset Malaysia

Liew mengatakan, pembahasan RUU kini memasuki tahap akhir sebelum diajukan ke Parlemen, pekan depan.

"Kami sedang mempelajari isu-isu tertentu. Kita perlu mendengar pendapat orang tetapi keputusannya sekarang adalah menghapus hukuman mati," ucap dia.

Di Negeri Jiran, hukuman mati dilakukan dengan cara menggantung. Narapidana yang menerima hukuman gantung biasanya adalah narapidana kasus pembunuhan berencana, segala kasus yang berhubungan dengan narkotika dan kepemilikan senjata api.

Penghapusan hukuman mati ini disebut selaras dengan janji PM Mahathir dan koalisi Pakatan Harapan yang sepakat untuk mengakhiri hukum yang menindas rakyat. 



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id