Zaver Pearl-Continental Hotel di kota Gwadar, Pakistan. (Foto: AFP)
Zaver Pearl-Continental Hotel di kota Gwadar, Pakistan. (Foto: AFP)

Militan Serang Hotel Bintang Lima di Pakistan

Internasional pakistan
Willy Haryono • 12 Mei 2019 08:27
Gwadar: Tiga pria bersenjata api menyerang sebuah hotel bintang lima di provinsi Balochistan, Pakistan, Sabtu 11 Mei. Serangan menewaskan sedikitnya satu orang.
 
Target serangan ketiga militan adalah Zaver Pearl-Continental Hotel, sebuah hotel di kota Gwadar. Hotel tersebut adalah bagian utama dari proyek Tiongkok bernilai miliaran dolar di provinsi Balochistan.
 
Kelompok separatis Balochistan Liberation Army mengaku telah melancarkan serangan tersebut. Mereka mengaku sengaja membidik warga Tiongkok dan para investor lainnya di kawasan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nantikan serangan lebih lanjut, Tiongkok dan Pakistan," ucap sebuah akun di Twitter yang mengklaim terkait dengan Balochistan Liberation Army, dilansir dari laman BBC, Minggu 12 Mei 2019.
 
Selama ini sejumlah grup militan di Balochistan menentang proyek dan investasi Tiongkok. Alasannya, hal tersebut tidak terlalu menguntungkan bagi masyarakat lokal.
 
Ketiga militan datang ke hotel tersebut sekitar pukul 16.50 waktu setempat. Biasanya hotel tersebut dipenuhi pejabat pemerintah dan turis asing. Namun karena bulan suci Ramadan, tidak ada satu pun tamu kala itu, dan jumlah staf pun lebih sedikit dari biasa.
 
Seorang satpam tewas dalam penyerangan tersebut. Pasukan keamanan datang tak lama usai penyerangan, dan terlibat baku tembak dengan ketiga militan. Di akhir baku tembak, para penyerang dilaporkan tewas bunuh diri.
 
Dalam laporan awal, sempat dikabarkan ada beberapa tamu hotel saat serangan berlangsung, namun mereka semua berhasil dievakuasi.
 
Zaver Pearl-Continental Hotel terletak di perbukitan. Hotel ini merupakan bagian dari China-Pakistan Economic Corridor atau CPEC, sebuah jaringan jalan, rel kereta api dan pipa antar dua negara.
 
Di Twitter, Kedutaan Besar Tiongkok di Pakistan mengecam keras serangan tersebut, yang terjadi hanya beberapa pekan usai kelompok bersenjata membunuh 14 orang, termasuk 11 personel militer, di kawasan tersebut.
 
Baca:Warga Tiongkok Ditemukan Tewas di Gorong-Gorong Pakistan
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif