Jembatan Terpanjang Dunia Dibuka Disertai Reaksi Kritis
Jembatan HKMZB yang menghubungan Hong Kong, Makau dengan Zhuhai. (Foto: AFP).
Hong Kong: Tiongkok akhirnya mengumumkan upacara pembukaan jembatan laut terpanjang di dunia, yang akan menghubungkan Hong Kong, Makau, dan China daratan. Tetapi sejumlah kritik mengemuka kembali, Kamis, atas kerahasiaan yang meliputi proyek tersebut.
 
Konstruksi raksasa itu dimulai pada 2009 sepanjang 55 kilometer, yang meliputi bentang jembatan yang mengular dan terowongan bawah air, menghubungkan pulau Lantau Hong Kong ke kota daratan Tiongkok selatan Zhuhai dan daerah pusat perjudian Makau, melintasi perairan Muara Sungai Mutiara. Jembatan ini telah dirusak penundaan, pembengkakan anggaran, penuntutan korupsi, dan kematian pekerja konstruksi.
 
Sementara pendukung mempromosikannya sebagai keajaiban rekayasa, pihak lain melihat proyek multimiliar dolar sebagai menara gading mahal yang dirancang untuk lebih mengintegrasikan Hong Kong ke daratan pada saat Beijing memperketat cengkeramannya pada kota semi-otonom tersebut.
 
Media lokal menerima undangan dari kantor penghubung Beijing di Hong Kong pada Rabu untuk "upacara pembukaan" di Zhuhai pada Selasa, tanpa rincian lebih lanjut yang diberikan.
 
Presiden Tiongkok Xi Jinping dilaporkan menghadiri acara tersebut, tetapi belum ada konfirmasi resmi apakah jembatan akan beroperasi pada hari itu atau belum.
 
Departemen Perhubungan Hong Kong tidak memiliki jawaban segera Kamis ketika AFP bertanya apakah itu akan sepenuhnya dibuka Selasa. Sejumlah perusahaan bus yang seharusnya beroperasi di jembatan itu mengeluh bahwa mereka tidak tahu.
 
"Tanpa pemberitahuan singkat dan tanpa rincian, bagaimana kita bisa membuat pengaturan logistik yang diperlukan?" Eddie Choi, juru bicara operator pelatih One Bus Hong Kong Macau, mengatakan kepada South China Morning Post.
 
Situs web operator mencantumkan jadwal dan harga untuk naik bus, tetapi seorang anggota staf mengatakan biro transportasi belum mengkonfirmasi tanggal pembukaan dan informasi tentang tiket belum tersedia.
 
Seorang pejabat dari otoritas jembatan yang bermarkas di daratan mengatakan kepada AFP bahwa jembatan itu "dianggap terbuka" dari Selasa dan menegaskan ada akses pada hari itu untuk mobil dan bus terdaftar, tetapi tanpa penjelasan.
 
Surat kabar China Daily mengutip sumber yang dekat dengan masalah itu mengatakan jembatan itu terbuka untuk lalu lintas setelah upacara pembukaan.
 
Anggota parlemen pro-demokrasi Kwok Ka-ki yang duduk di panel transportasi pemerintah Hong Kong mengatakan hanya mengetahui upacara pembukaan dari laporan media Rabu dan belum menerima undangan untuk hadir di pembukaan.
 
"Jembatan itu harus terbuka dan digunakan oleh publik sesegera mungkin, tetapi apakah aman dan pengaturannya sudah tepat di tempat dan dilakukan dan diuji, kami tidak tahu," katanya, seperti disitir dari AFP, Jumat 19 Oktober 2018.
 
Kwok menuduh pejabat menyimpan rahasia dan mengatakan masih ada banyak pertanyaan yang tak terjawab.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id