Perusahaan Media Sosial Wajib Bantu Memerangi Terorisme

Marcheilla Ariesta 06 November 2018 16:17 WIB
terorisme
Perusahaan Media Sosial Wajib Bantu Memerangi Terorisme
Wiranto (kiri) dalam Pertemuan Sub-Regional Pemberantasan Terorisme di Hotel Fairmont Jakarta, 6 November 2018. (Foto: Marcheilla Ariesta)
Jakarta: Perusahaan media sosial harus ikut bertanggung jawab dalam memerangi terorisme. Pernyataan ini disampaikan Menteri Politik Hukum dan Keamanan RI Wiranto dalam Pertemuan Sub-Regional Pemberantasan Terorisme.

"Semua sumber atau perusahaan media sosial harus memiliki tanggung jawab yang sama dalam melawan terorisme. Tidak hanya Facebook atau Twitter, namun semua media sosial punya tanggung jawab yang sama," kata Wiranto di Hotel Fairmont Jakarta, Selasa, 6 November 2018.

Dia menuturkan kejahatan terorisme di media sosial merupakan musuh bersama yang harus diberantas. Karenanya, dibutuhkan kerja sama antara pemerintah dan perusahaan media sosial di Indonesia.


Wiranto menambahkan salah satu bentuk kerja sama yang bisa dilakukan perusahaan media sosial dalam melawan terorisme adalah berbagi informasi. "Mereka (perusahaan media sosial) sudah ikut serta untuk men-suspend beberapa situs yang berkaitan dengan kejahatan terorisme, hate speech atau hoaks," tuturnya.

Terorisme, kata Wiranto, tidak memiliki batas negara dan tidak mengenal undang-undang yang ada di negara tersebut. Karenanya, Indonesia bekerja sama dengan pemerintah negara lain untuk memberantas terorisme ini.

"Pemerintah Indonesia juga harus bekerja sama dengan pemerintah negara lain untuk memberantas terorisme ini. Kalau kita tidak punya kerja sama soal ini, kita pasti kewalahan," imbuh dia.

Sebanyak sembilan negara hadir dalam pertemuan Sub-Regional Pemberantasan Terorisme. Pertemuan ini merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang dilakukan di Lombok beberapa waktu lalu.

Pertemuan di Lombok tertunda akibat gempa yang meluluhlantakkan wilayah Indonesia Timur tersebut. Beberapa negara yang hadir diantaranya Australia, Malaysia, Brunei Darussalam, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Singapura dan Thailand.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id