Indonesia Harus Jadi Kekuatan Dunia di Tahun 2045
Menlu Retno di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin 13 Agustus 2018. (Foto: Sonya Michaella)
Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengharapkan agar Indonesia harus bisa menjadi kekuatan dunia di tahun 2045. Harapan ini diutarakan Menlu Retno kepada pemuda-pemudi peserta dari Conference of Indonesian Diaspora Youth.

"Anak-anak muda ini harus menjadikan Indonesia lebih kuat dan baik di tahun-tahun mendatang. Yang terpenting adalah kultur berpikir positif harus terus dikembangkan," kata Menlu Retno dalam paparannya di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin 13 Agustus 2018.

"Kedua, kultur berperilaku dan bertindak. Tidak hanya kita berdiskusi dan mengambil kesimpulan, tapi yang penting teman-teman harus bertindak dan mengimplementasi," lanjut dia.


Menlu Retno juga menambahkan, kultur berbudaya dan bangga kepada Indonesia juga harus dikembangkan para pemuda yang nantinya menjadi penerus bangsa.

"Anak-anak muda harus mempertahankan budaya dan kesatuan NKRI. Kalian ini harus terus mengawal NKRI dan jangan pernah lelah mencintai Indonesia," tukasnya lagi.

Conference of Indonesian Diaspora Youth ini digelar pertama kalinya untuk merumuskan visi Indonesia 2045. Hasil diskusi nantinya akan dibawa oleh Dino Patti Djalal untuk disampaikan ke pemerintah.

Sejumlah topik akan didiskusikan dalam konferensi yang digelar dari hari ini sampai 15 Agustus mendatang. Konferensi ini juga menghadirkan pemuda-pemudi dari 34 provinsi di Indonesia dan hadir, dan juga sejumlah WNI yang sedang belajar di luar negeri.

Topik-topik tersebut adalah identitas Indonesia di 2045, improvisasi demokrasi, perkembangan digital di 2045, masa depan ekonomi dan bisnis Indonesia, serta keamanan Indonesia di 2045.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id