Korut Sebut Wapres AS Bodoh
Jelang pertemuan Trump-Kim, ketengangan meningkat antar dua negara. (Foto: AFP)
Pyongyang: Korea Utara (Korut) menyebut Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence adalah seseorang yang bodoh, atas peringatannya terkait pertemuan puncak Korut dan AS, 12 Juni mendatang di Singapura.

Pence sempat menyebutkan, seharusnya Korut tak berusaha mencari konsesi dengan AS dan kesalahan besar bagi Kim Jong-un jika ia bermain-main dengan Trump.

"Saya sangat terkejut atas pernyataan bodoh yang keluar dari seseorang yang bodoh seperti Wakil Presiden AS," kata Wakil Menteri Luar Negeri Korut Choe Son-hui, dikutip dari KCNA, Kamis 24 Mei 2018.


Baca juga: Trump Bisa Saja Batalkan Pertemuan dengan Kim Jong-un

"Kami tidak akan meminta AS untuk berdialog, bahkan meminta Korea Selatan untuk membujuk mereka jika mereka tidak ingin duduk bersama kami," tambahnya.

Bahkan, Choe akan membujuk Kim untuk membatalkan pertemuan tersebut jika memang tidak ada itikad baik dari AS untuk memperbaiki hubungan.

Hingga saat ini, belum pasti apakah pertemuan pada 12 Juni tersebut akan dilaksanakan sebagaimana rencana semula atau akan berubah, bahkan bisa saja dibatalkan.

Sebelumnya, Korut sempat mengancam akan membatalkan pertemuan tingkat tinggi dengan AS dan telah menunda pertemuan tingkat tinggi dengan Korsel yang rencananya dilaksanakan pada 16 Mei kemarin.

Penundaan ini disebabkan adanya latihan militer Korsel bersama AS yang disebut Korut sebagai provokasi. Korut beranggapan, latihan tersebut menargetkan mereka dan merupakan ancaman terhadap Deklarasi Panmunjom dan provokasi militer yang disengaja.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id