Moon Jae-in dan Kim Jong-un Bahas Upaya Perdamaian Permanen

Fajar Nugraha 27 April 2018 13:22 WIB
korsel-korut
Moon Jae-in dan Kim Jong-un Bahas Upaya Perdamaian Permanen
Pertemuan bersejarah antara Korea Selatan dan Korea Utara (Foto: AFP).
Panmunjom: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in, melakukan pertemuan bersejarah di Panmunjom, Jumat 27 April 2018.
 
(Baca: Kim Jong-un Harapkan Masa Depan Gemilang dari KTT Korea).
 
Diharapkan ada perdamaian tercipta dalam pertemuan ini. Juru Bicara Kepresidenan Korea Selatan Yoon Youn-Chan memberikan penjelasan mengenai pertemuan itu.
 
"Kedua pemimpin melakukan dialog yang tulus dan terbuka. Mereka membahas isu denuklirisasi serta mengupayakan perdamaian permanen di Semenanjung Korea dan meningkatkan hubungan antar Korea," tutur Yoon, seperti dikutip AFP, Jumat 27 April 2018.
 
Sebelumnya Kim Jong-un mengatakan dia ingin mengadakan diskusi jujur mengenai isu-isu kedua Korea dan dunia saat ini. Dia berharap hasil KTT Korea akan membuahkan kejujuran untuk masa depan yang lebih baik.
 
"Saya berharap, untuk menulis bab baru di antara kami. Pertemuan ini titik awal bagi kami. Kami akan membuat awal yang baru," kata Kim di Gedung Perdamaian, sebelum pertemuan berlangsung.
 
(Baca: Kim Jong-un: Saya Bersedia ke Korsel Kapan Saja).
 
Presiden Moon pun menyuarakan harapannya agar seluruh dunia menaruh perhatian pada perdamaian di Semenanjung Korea. Dia mengatakan, saat ini wilayah tersebut sudah aman setelah kedua negara berdamai.
 
Pertemuan bersejarah keduanya lahir di tengah masalah nuklir Korut. Selain itu, pertemuan ini juga sebagai pembuka jalan Kim Jong-un untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id