Warga Korut memberi hormat di depan patung Kim Il-sung dan Kim Jong-il. (Foto: AFP)
Warga Korut memberi hormat di depan patung Kim Il-sung dan Kim Jong-il. (Foto: AFP)

Putri Mantan Menlu Korsel Membelot ke Korut

Internasional korsel-korut
Sonya Michaella • 08 Juli 2019 15:50
Pyongyang: Choe In-guk, seorang putri dari mantan menteri luar negeri Korea Selatan (Korsel), membelot ke Korea Utara (Korut). Pembelotan ini merupakan hal yang tidak biasa, karena melibatkan mantan pejabat negara Korsel.
 
Media yang dikelola pemerintah, Uriminzokkiri, melaporkan bahwa Choe telah tiba di Pyongyang pada Sabtu pekan lalu. Ia disebut membelot untuk mendedikasikan hidupnya demi penyatuan dua Korea di bawah bimbingan pemimpin Korut Kim Jong-un.
 
Dilansir dari South China Morning Post, Senin 8 Juli 2019, sejumlah foto yang beredar menunjukkan Choe sedang membaca pernyataan kedatangan di Bandara Internasional Pyongyang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah ditelusuri, Choe adalah putri dari mantan Menlu Korsel Choe Dok-shin, yang juga membelot ke Korut pada 1986 bersama istrinya. Keduanya membelot akibat perselisihan politik dengan Presiden Korsel kala itu, Park Chung-hee.
 
Sementara itu, Kementerian Unifikasi Korea mengatakan Choe datang ke Korut tanpa izin khusus dari pemerintah Korsel. Kementerian tersebut mengaku tengah mencari tahu detail mengenai perjalanan Choe ke negara tetangga.
 
Menurut data kementerian, Choe hanya diizinkan melakukan 12 perjalanan resmi ke Korut sejak 2001 untuk acara-acara keluarga, seperti mengunjungi pemakaman orangtuanya.
 
Belum diketahui bagaimana ia bisa terbang dari Seoul ke Pyongyang. Namun, ia disinyalir masuk ke Korut melalui Tiongkok dengan visa yang dikeluarkan pemerintah Korut.
 
Sejak terpecah selama 70 tahun, warga masing-masing negara dilarang mengunjungi wilayah satu sama lain, menelepon atau mengirimkan surat tanpa izin khusus.
 
Namun, di bawah pemerintahan Presiden Moon Jae-in, kini hubungan Korsel dan Korut berangsur membaik, terutama setelah dirinya sering bertemu Kim Jong-un.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif