Lenovo, perusahaan multinasional Tiongkok, hadir dalam pameran Vivatec di Paris, Prancis, 24 Mei 2018. (Foto: AFP/ALAIN JOCARD)
Lenovo, perusahaan multinasional Tiongkok, hadir dalam pameran Vivatec di Paris, Prancis, 24 Mei 2018. (Foto: AFP/ALAIN JOCARD)

Tiongkok akan Singkirkan Semua Komputer Buatan Asing

Internasional tiongkok
Arpan Rahman • 09 Desember 2019 19:04
Beijing: Tiongkok telah memerintahkan agar semua komputer dan perangkat keras serta lunak buatan asing segera disingkirkan dari semua gedung pemerintah dan institusi publik dalam kurun waktu tiga tahun.
 
Dirilis dari Guardian, Senin 9 Desember 2019, perintah ini dapat menjadi pukulan telak bagi perusahaan multinasional seperti HP, Dell dan Microsoft. Upaya penyingkiran ini mirip dengan yang dilakukan AS, yakni membatasi penggunaan teknologi buatan Tiongkok.
 
Pemerintah AS di bawah Presiden Donald Trump melarang sejumlah entitas AS untuk berbisnis dengan perusahaan telekomunikasi Tiongkok Huawai. Mei lalu, Google, Intel dan Qualcomm mengumumkan mereka akan membekukan kerja sama dengan Huawei.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Langkah terbaru Tiongkok merupakan perintah langsung yang diketahui publik dalam upaya membatasi penggunaan teknologi asing di Negeri Tirai Bambu. Perintah ini juga merupakan bagian dari gerakan internal Tiongkok yang ingin lebih mengandalkan teknologi domestik.
 
Kantor berita Financial Times (FT) melaporkan bahwa perintah penyingkiran teknologi asing ini akan membuat Tiongkok membutuhkan 20-30 juta perangkat komputer baru. Sejumlah analis mengatakan 30 persen proses penggantian barang akan dilakukan di tahun 2020, 50 persen pada 2021 dan sisanya 2022.
 
Mengganti semua perangkat teknologi asing dalam kurun waktu tiga tahun merupakan sebuah tantangan besar, karena banyak produk komputer yang berjalan dengan sistem operasi buatan AS seperti Windows.
 
Selama ini kantor pemerintahan di Tiongkok menggunakan komputer buatan perusahaan dalam negeri Lenovo. Namun komponen dari komputer itu, termasuk prosesor dan perangkat kerasnya, dibuat sejumlah perusahaan AS.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif