Asisten Deputi II Pengembangan Pariwisata Kemenpar Sigit Wicaksono. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella.
Asisten Deputi II Pengembangan Pariwisata Kemenpar Sigit Wicaksono. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella.

Kemenpar Gencar Promosikan Indonesia Lewat Diaspora

Internasional wisatawan diaspora indonesia
Sonya Michaella • 13 Agustus 2019 13:25
Jakarta: Kementerian Pariwisata RI terus gencar mempromosikan Indonesia lewat sejumlah pihak, salah satunya Diaspora. Kemenpar juga berkomitmen untuk melebarkan kerja sama dengan Diaspora.
 
Baca juga: Diaspora Siap Bantu Pemerintah Dongkrak Promosi Wisata.
 
“Misalnya dari segi kuliner. Makanan Indonesia ini kan yang paling bisa menarik perhatian turis mancanegara selain keindahan alam kita yang memang tidak ada bandingannya,” kata Asisten Deputi II Pengembangan Pariwisata Kemenpar Sigit Wicaksono, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2018, Kemenpar pernah menarik 100 restoran Indonesia milik Diaspora di mancanegara untuk menjadi mitra co-branding Kemenpar dalam mempromosikan Indonesia.
 
“Hingga tahun ini, dunia kuliner masih memiliki kontribusi tertinggi bagi PDB ekonomi kreatif untuk wisata di daerah-daerah lokal di mana akan mendongkrak ekonomi setempat juga,” ucap dia lagi.
 
Selain itu, Kemenpar juga menargetkan 20 juta turis mancanegara untuk datang ke Indonesia tahun ini. Tentu saja promosi dilakukan dengan bantuan Diaspora di seluruh belahan dunia.
 
“Kemenpar kan ada di bagian pemasaran dan promosi. Kami harap, komunitas Diaspora bisa menyumbangkan promosi wisata di negara-negara mereka tinggal. Kami sangat mengapresiasi hal tersebut,” ungkap Sigit.
 
Tak hanya kuliner, Kemenpar juga bekerja sama dengan Diaspora untuk mempromosikan 10 New Bali. Hingga saat ini, masih banyak turis mancanegara yang hanya mengetahui Pulau Bali, namun tidak mengetahui jika Bali terletak di Indonesia.
 
10 New Bali tersebut adalah Danau Toba Sumatera Utara, Tanjung Kelayang Bangka Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu DKI Jakarta, Candi Borobudur Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru Jawa Timur, Mandalika NTB, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sulawesi Tenggara, dan Morotai Maluku Utara.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif