Deretan pesawat yang terparkir di Bandara Internasional Changi, Singapura. (Foto: AFP).
Deretan pesawat yang terparkir di Bandara Internasional Changi, Singapura. (Foto: AFP).

Drone Ganggu 63 Penerbangan di Changi

Internasional singapura
Fajar Nugraha • 26 Juni 2019 09:51
Singapura: Drone atau pesawat tak berawak yang terbang di sekitar Bandara Changi Singapura telah menyebabkan 63 penerbangan ditunda atau dialihkan dalam sepekan terakhir. Kondisi itu memicu penyelidikan dan mempertanyakan motif dari para pilot drone itu.
 
Otoritas Penerbangan Sipil Singapura mengatakan kemarin bahwa 18 penerbangan di bandara ditunda dan tujuh dialihkan malam sebelumnya. Penundaan dan pengalihan itu terjadi, "karena cuaca buruk dan kegiatan drone yang tidak sah".
 
Sebelumnya pihak otoritas penerbangan sipil itu mengonfirmasi bahwa drone terlihat terbang di dekat bandara pada Selasa dan Rabu lalu. Hal itu menyebabkan penutupan landasan pacu dan menunda 37 penerbangan. Kejadian ini juga mengalihkan satu pesawat yang tiba ke Kuala Lumpur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tim multi-agensi termasuk Otoritas Penerbangan Sipil Singapura, Bandara Changi, Angkatan Bersenjata Singapura dan Angkatan Kepolisian Singapura diaktifkan untuk pencarian dan lokasi operasi,” ucap pihak regulator, seperti dikutip The Star, Rabu, 26 Juni 2019.
 
Tak lama setelah berita tentang aktivitas pesawat tak berawak di bandara, Kementerian Pertahanan Singapura memposting foto seorang tentara yang mengarahkan senjata pengacau sinyal ke drone yang tidak dikenal.
 
Menerbangkan drone tanpa ada izin dalam radius lima kilometer, dianggap sebagai sebuah pelanggaran hukum. Changi adalah salah satu bandara tersibuk di Asia, kehadiran drone yang mengganggu tentu sangat mempengaruhi jadwal penerbangan.
 
Kehadiran drone secara meningkat menganggu jadwal penerbanan di bandara dunia. Bandara Gatwick di London, sempat lumpuh selama 36 jam pada Desember lalu akibat munculnya drone penganggu ini.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif