Wamenlu Mahendra Siregar (kiri) berbicara dalam acara Bali Democracy Student Conference di Nusa Dua, Bali, Rabu 4 Desember 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
Wamenlu Mahendra Siregar (kiri) berbicara dalam acara Bali Democracy Student Conference di Nusa Dua, Bali, Rabu 4 Desember 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

Wamenlu Tekankan Pentingnya Keterlibatan Pemuda dalam Demokrasi

Internasional bali democracy forum bdf
Marcheilla Ariesta • 05 Desember 2019 06:00
Nusa Dua: Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar mengingatkan generasi muda untuk berpartisipasi dalam demokrasi. Partisipasi dibutuhkan, terutama di era digital ini, agar kehidupan berdemokrasi di Indonesia tetap terjaga.
 
"Saya menekankan bahwa anak muda kalau sudah aktif dan super aktif di media sosial dan sebagainya, jangan lupa memberikan suara di kotak suara," katanya kepada para pelajar dunia peserta Bali Democracy Student Conference di Nusa Dua, Bali, Rabu 4 Desember 2019.
 
Mahendra mencontohkan para pemuda yang ikut serta dalam referendum Brexit -- istilah bagi keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa. Referendum itu dinilai sejumlah pihak kurang berhasil karena para pemuda yang betul-betul datang ke kotak suara hanya 30 persen berkisar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bila dibandingkan dengan Inggris, Indonesia memiliki banyak pemuda yang tak hanya aktif di media sosial, namun juga di tempat penungutan suara (TPS). Ini terbukti dari tingginya tingkat keikutsertaan dalam pemilihan umum serentak April lalu, yang angkanya berkisar 80 persen.
 
"Indonesia saat ini resmi menjadi negara demokrasi terbesar setelah pemilu serentak kemarin," tegasnya.
 
Masih terkait pemilu, Mahendra mengaku ingin agar proses pemungutan suara di masa mendatang bisa dilakukan secara digital. Dia mengatakan saat ini Indonesia tengah mempelajari hal tersebut.
 
Sebanyak 113 pelajar muda dari sekitar 50 negara berkunjung ke Indonesia untuk mempelajari demokrasi. Tak hanya masalah demokrasi, mereka nantinya juga akan belajar mengenai masalah inklusivitas dan isu-isu perempuan.
 
Kegiatan Bali Democracy Student Conference berjalan beriringan dengan Bali Democracy Forum (BDF). Tahun ini, sejumlah menteri luar negeri dan pejabat setingkat menteri hadir dalam kegiatan tahunan tersebut, salah satunya Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif